Long Weekend, Puluhan Pemuda Muslim di Muaraenim Aksi untuk Suriah

 TANJUNG ENIM, KSOL – Disaat sebagian masyarakat menikmati moment libur panjang (long weekend) keluar kota atau ke objek wisata, namun tidak bagi sekumpulan remaja aktif ini. Mereka justru mengisi “Long Weekend”  dengan kegiatan gerakan kemanusiaan peduli Aleppo, Suriah atau #Save Aleppo.

IMG_20160506_165906Kegiatan ini diadakan di beberapa titik di Kabupaten Muara Enim. ‎Tak kurang dari 40 orang melakukan aksi solidaritas peduli Aleppo. Aksi ini di mulai dari titik utama depan kantor pos Kota Muara Enim, kemudian bergeser ke Bundaran Air Mancur (BAM), dekat Jembatan Enim I. Mereka kemudian berjalan ke arah Pom Bensin (SPBU) Talang Jawa atas dan Pom bensin Kepur, Muara Enim, Kamis (5/5/16).

Keesokan harinya, Jumat (6/5/16), aksi penggalangan dana berlanjut di Tanjung Enim tepatnya di persimpangan Bundaran Air Mancur (BAM), Patung Monumen Perjuangan Rakyat (Monpera) Tanjung Enim.

Adapun gabungan puluhan pemuda ini terdiri dari berbagai organisasi, diantaranya Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) dan Lembaga Dakwah Kampus (LDK) Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) Muara Enim, IKRAR, Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia (KAMMI), IKRAR FOR MI, KPQ, Himpunan Mahasiswa Islam (HMI), Pergerekan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII), ANN, Al Fatih, Mahasiswa Serasan, serta Sahabat Inspirasi (SI) dan Kesatuan Remaja Masjid Bukit Asam (Karima BA) Tanjung Enim.

beri-uang1Dodi As Syaputra, koordinator lapangan mengatakan, sambutan masyarakat Muara Enim sangat besar untuk berpartisipasi pada aksi sosial tersebut. Dodi menjelaskan, aksi peduli Aleppo Suria ini di laksanakan 2 hari berturut- turut saat “long week” Kamis (5/5/16) di kota Muara Enim dan Jumat (6/5/16) digelar di Tanjung Enim.

“Ya gerakan kemanusiaan peduli Aleppo, Suriah dilakukan dari pagi pukul delapan 08:00 sampai jam lima sore. Alhamdulillah dana terkumpul sementara ini sebesaraRp. 5.056.000-; dan akan di serahkan ke donasi dana ATC,” ujarnya.

Sementara itu, Hoiri dari Aliansi Pemuda Muslim Muara Enim saat dibincangi Reporter RGBA FM, Jumat (6/5/16) di sela-sela orasinya menyatakan, aksi yang mereka lakukan murni untuk membantu dan meringankan beban saudara-saudara sesama muslim di Aleppo Suriah.

“Ini hari yang kedua setelah kemarin kita gelar di Muara Enim. Dan hari ini di Tanjung Enim. Adapun titik-titik fokus yang dijadikan tempat aksi diantaranya di pangkal jembatan dekat Pondok Pesantren Salafiah Assyari’ah Ess. Kemudian di kawasan pasar dan bundaran. Kita mulai dari selesai shalat jumat sekitar jam satu empat puluh hingga sore hari pukul 17,”jelasnya.

Lebih lanjut kata Hoiri, tujuan  kegiatan aksi ini yakni ingin mengingatkan dan mengajak masyarakat untuk melihat ada saudara-saudara muslim kita di Aleppo, Suriah yang saat ini tengah hidup dalam peperangan oleh bangsanya sendiri.

“Katanya kan, kita ini (Indonesia, red),  negara yang sangat menjunjung tinggi HAM kan? Nah, makanya kita juga ingin peduli dan memperlihatkan bahwa adanya terjadi pembantaian muslim di sana, dan faktanya memang banyak warga sipil yang tak berdosa menjadi korban akibat keganasan rezim tentara Bassar Assad dan para sekutunya,” terangnya.

pindah-ke-treniSedangkan, Dadang Asmanaf dari Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Teknik Sipil Serasan & Komunitas Sahabat Inspirasi (SI) ketika diminta komentarnya mengatakan, aksi tersebut merupakan salah satu dari kepedulian organisasinya, terutama para pemuda di Muara Enim.

“Kami hadir menunjukkan rasa kepedulian terhadap sesama muslim di Aleppo Suriah. Dan kami berharap dari aksi yang telah dilakukan ini bisa meringankan beban saudara kita disana dan mengajak untuk semua bahu membahu melakukan kebaikan. Sekali lagi kami ucapan terima kasih semua dari para relawan, mudah-mudahan bermanfaat,” ucapnya.

TEKS / FOTO : HENDRO ALDO IRAWAN – REPORTER RGBA FM TANJUNG ENIM
EDITOR : IMRON SUPRIYADI




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *