Kemendagri : PALI Masih Harus Banyak Pembenahan

 

PALI, KSOL – Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI)PALI, adalah sebuah kabupaten baru di Sumatera Selatan yang kini sedang berkembang. PALI merupakan Daerah Otonomi Baru (DOB) hasil pemekaran‎ dari Kabupaten Muara Enim.

Sebagai kabupaten baru, dimata Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri) PALI masih diperlukan banyak hal untuk pembenahan. Meskipun, jika dibandingkan dengan kabupaten baru lainnya di Indonesia, PALI masih lebih maju.

“Saya menilai, dibandingkan kabupaten lain yang telah lebih dahulu terbentuk, kabupaten PALI masih harus banyak pembenahan. Namun bila dibandingkan daerah pemekaran baru lainnya di Indonesia, PALI sudah tergolong lebih maju. Kita nilai dengan B plus,” ujar Ir Sri Wahyuni MM, kepala Sub direktorat  Penataan Daerah, Kementrian Dalam Negeri di Kantor Bupati PALI, Selasa (3/5/2016).

Point B plus yang diberikan kepada PALI, menurut Sri berdasar pada pengamatannya terhadap kemajuan PALI. Menurutnya, PALI berhasil memenuhi pelayanan kepada masyarakat, sehingga dinilai layak mendapat nilai B+ (B Plus).

“Setelah melihat langsung pelayanan kepada masyarakat, PAL

Penilaian ini menurut Sri Wahyuni meliputi tata pengelolaan pemerintahan, tertib administrasi dan pelayanan masyarakat. Dalam melakukan penilaian, Tim Penilaian dari Kementrian Dalam Negeri meninjau beberapa SKPD seperti Dinas Kependudukan Dan Catatan Sipil, RSUD Talang Ubi, Sekretariat DPRD, Badan Penanaman Modal dan Perijian Terpadu Satu Pintu, Kantor Camat Talang Ubi.

Sementara itu, Ir Gunawan M.Kom, Tenaga Ahli Kementrian Dalam Negeri yang juga termasuk sebagai tim penilai berharap Pemkab PALI lebih gencar melakukan sosialisasi kemajuan yang sudah dicapai agar masyarakat luas lebih banyak tahu perkembangan PALI yang maju pesat.

“Kami kaget melihat kondisi jalan yang belum mulus, tapi setelah kami melihat video kondisi jalan sebelum DOB terbentuk kami justru lebih kaget lagi. Ternyata sejak menjadi DOB, PALI ini sangat maju pesat” terang Gunawan.

Untuk itulah, Gunawan meminta Pemkab PALI lebih gencar sosialisasi bahwa kondisi PALI sekarang jauh lebih baik.

“Kalau disosialisasikan dengan baik, masyarakat pasti kagum dengan kemajuan PALI,” tambahnya.

Dalam kesempatan yang sama, Plt Sekretaris Daerah Robby Kurniawan SSIP MSi dihadapan kepala SKPD untuk lebih keras lagi bekerja agar dapat lebih maju dibanding daerah lain.

“Seluruh SKPD harus bekerja keras dari sekarang agar visi Pali Cemerlang bisa diwujudkan” tegas Roby, yang juga mantan PLT Bupati OKU Selatan itu.

TEKS : T PAMUNGKAS
EDITOR : IMRON SUPRIYADI




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *