Kenali Bung Karno Seutuhnya, Jangan Sekadar Dinyanyikan

6PALI, KSOL –  Mengenal sosok pahlawan atau seorang tokoh tidak cukup hanya mengenal nama atau gambar saja. Seorang pahlawan haruslah dikenal secara utuh, baik biografi maupun perjuangannya sehingga diangkat sebagai pahlawan. Seperti sosok Ir Soekarno yang dikenal sebagai bapak pendiri bangsa. Anak-anak muda atau pelajar sudah selayaknya mengenal lebih jauh biografi nya.

Meski lagu ‘Bung Karno’ menjadi lagu wajib dalam Banteng Music Festival yang digelar di Gedung Serba Guna Talang Ubi pekan silam (1/5/2016) namun dimata Bupati PALI Heri Amalindo, nama Bung Karno tidak cukup dinyanyikan saja. Tapi perjuangannya harus lebih dikenal lagi.

“Anak muda jangan cuma bisa menyanyikan lagunya saja. Tapi harus tahu biografinya juga. Biar lebih mengenal perjuangannya” kata Heri Amalindo saat bicara dihadapan ratusan peserta.

Untuk memacu pengetahuan para peserta, Heri yang dikenal dekat dengan kalangan pelajar itu langsung memberikan kuis. Berbagai pertanyaan seputar pengetahuan tentang Ir Soekarno dilontarkan. Seperti tanggal lahir, tanggal wafat, nama ayah Bung karno sampai pengetahuan lain yang berkaitan dengan perjuangan Bung Karno. “Siapa yang hafal teks Proklamasi secara benar?” tantang Heri kepada peserta yang sebagian besar pelajar itu.

Dengan antusias, para pelajar berebutan untuk unjuk kebolehan menghafal teks proklamasi. “Alhamdulillah dapat hadiah dari Pak Heri, bisa traktir temen-temen” kata Yoka Zumarni, pelajar SMAN 1 Talang Ubi sambil membeberkan uang pecahan seratus ribu.

Seperti biasanya bila berhadapan dengan para pelajar, Heri Amalindo selalu memberikan kuis berhadiah. Setiap peserta yang menjawab benar diberi hadiah seratus ribu rupiah.

Menanggapi kuis yang selalu diberikannya dihadapan para siswa, Heri mengaku bahwa masa depan bangsa terletak ditangan para pelajar. Dalam setiap kesempatan para pelajar harus dimotivasi agar mau berprestasi dan tidak jemu untuk belajar.

“Biar jadi kebiasaan, bila setiap acara anak-anak diberikan kuis, nantinya mereka menyiapkan diri untuk mencari pengetahuan atau belajar terlebih dahulu. Sehingga belajar bisa menjadi budaya dikalangan pelajar PALI,” terang Heri.

Sementara itu, Tun Teja Wakil Ketua DPD PDIP Sumsel menyampaikan bahwa festival band dengan tajuk Banteng Music Festival merupakan program yang dicanangkan oleh ketua umum PDIP Megawati. Perhelatan ini digelar di seluruh Indonesia dan berjenjang dari tingkat kabupaten sampai nasional.

“Pemenang lomba ini akan ditampilkan dalam ajang tingkat propinsi tanggal 22 Mei nanti. Dan pemenang tingkat propinsi akan mewakili Sumsel di Jakarta,” ujar Tun Teja.

Pada kesempatan itu panitia juga mengumumkan juara loma, yaitu Juara Lomba Paduan Suara, juara 1 SMAN 1 Talang Ubi juara 2 SMA YKPP dan juara 3 PD Melody SMA YKPP. Sementara Jara Festival Band adalah ;  juara 1 Atmosfer Band, juara 2 Band Tissue dan juara 3 Band De Maestro.

TEKS : T PAMUNGKAS
EDITOR : IMRON SUPRIYADI




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *