Lahat Bakal Gelar Pameran Teknologi Tepat Guna, Kabupaten dan Kota di Sumsel akan di Undang

LAHAT, KSOL –  Pada HUT ke-147 Kabupaten Lahat yang akan digelar pada 20 Mei nanti, ada yang berbeda dari HUT sebelumnya. Sebab pada HUT tahun ini Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lahat akan menambah satu tangkai acara, yaitu  pameran Teknologi Tepat Guna (TTG).

Pada praktiknya nanti menurut Sekda Pemkab Lahat, Sekda Nasrun Aswari, SE seluruh kabupaten dan kota di Sumatera Selatan akan diundang untuk berpartisipasi pada pameran TTG ini. “Ada tambahan perayaan kali ini dari seluruh kabupaten kota se-Sumsel kita undang pameran teknologi tepat guna (TTG) tingkat provisni, acara HUT Lahat sendiri dimulai16-20 mei. Menampilkan  produk ekonomi kerakyatkan dari masing-masing kabupaten/kota,” kata Nasrun.

Lebih lanj

Suasana Rapat Jelang HUT 147 Kabupaten Lahat

Suasana Rapat Penyusunan HUT 147 Kabupaten Lahat di Ruang Rapat Pemkab Lahat

ut Nasrun mengatakan, HUT Kabupaten Lahat ini merupakan agenda rutin tahunan. Rangakain acara akan diiringi denga berbagai acara. “Ini  agenda rutin tahunan yang diadakan. Pada acara ini akan ada pameran pembangunan, pentas seni dan budaya, lomba rakit yang selalu menjadi ikon, dan sidang paripurna, itu jadi agenda tetap yang musti diperhatikan dan dipersiapkan,” papar Nasrun.

Selain itu ada pawai pembangunan dan ada kendaraan hias, apabila dimungkinkan terselenggara seminar bahasa daerah, untuk pembuatan kamus bahasa daerah harus mengikuti prosedur. “Jadi pada akhirnya jika kita akan menerbitkan kamus bahasa daerah ada tahapan-tahapannya,” ungkapnya.

Sehubungan dengan hal itu, Pemkab Lahat saat ini sedang menyiapkan kepanitiaan khusus untuk menyukseskan HUT 147 Kabupaten Lahat Mei mendatang. Nasrun berharap penyusunan panitia, harus matang dan detail, termasuk memikirkan lahan parkir, lokasi acara, hingga penempatan tamu supaya tidak sembarangan.

“Even setahun sekali harus benar-benar dipersiapkan sebaik mungkin, setiap tahun ada evaluasi supaya makin baik,” tegasnya, saat rapat persiapan HUT Lahat di Operational Room Pemkab Lahat, belum lama ini (13/4/2016).

Terpisah, Budi (29), salah satu warga Lahat mengungkapkan dirinya senang tiap tahun ada acara yang meriah menyambut HUT Lahat. Budi berharap, dalam rangkaian HUT Lahat ini, harus tetap mengangkat ikon budaya lokal. “Jangan lupa kebudayaan kita juga terus diangkat dan dipertahankan kelestariannya,” ujarnya pada awak media.

TEKS / FOTO  : JUMRA ZEFRI
EDITOR : IMRON SUPRIYADI




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *