100 Persen Desa di Empat Lawang Teraliri Listrik

EMPAT LAWANG, KSOL – Penantian panjang warga Desa Sugiwaras Kecamatan Tebing Tinggi, untuk menikmati terangnya aliran listrik dari Perusahaan Listrik Negara (PLN) akhirnya terwujud. Ya, sejak beberapa hari lalu, pihak PLN sudah menyuplai aliran listrik ke Desa paling ujung Empat Lawang tersebut.

Dengan demikian, 100 persen desa di Kabupaten Empat Lawang sudah dialiri listrik. Bahkan, di beberapa talang (rumah di perkebunan) atau di dusun-dusun sudah ada yang dialiri listrik dari PLN.

Demikian disampaikan Kepala Dinas Kehutanan, Perkebunan,  Pertambangan dan Energi (Dishutbuntamben) Empat Lawang, H Susyanto Tunut, kepada awak media belum lama ini, (10/4/2016).

Desa Sugiwaras, jelas Susyanto, sebagai desa terakhir di Empat Lawang yang belum dialiri listrik. “Sekarang sertifikat laik operasi (SLO), sudah ada dan listrik mulai dialirkan. Berarti, 100 sudah tercapai seluruh desa dialiri listrik,” ujarnya.

Meskipun untuk beberapa kawasan talang atau dusun, belum terjangkau. Sebab akses masih sulit. Untuk Sugiwaras, aliran listriknya sudah siap, hanya menunggu beberapa hari tahap persiapan semacam pemanasan travo dan lain sebagainya.

Ia menghimbau pada masyarakat Sugiwaras, agar bersyukur dan menjaga aliran listrik yang sudah terpasang. Seperti kendala tanam tumbuh, harus lebih dijaga lagi agar tidak mengganggu aliran listrik yang sudah terpasang.  “Biaya yang sudah dikeluarkan Pemkab Empat Lawang tidak sedikit, untuk menyambungkan aliran listrik. Tentunya harus dijaga bersama, agar bermanfaat dalam jangka panjang,” tambahnya.

Sementara itu, Hendri salah satu warga Sugiwaras mengaku sangat senang dengan sudah masuknya aliran listrik ke desa mereka. “Artinya desa kami tidak gelap gulita lagi saat malam hari, aktifitas di malam hari pun semakin mudah,” tukasnya.

TEKS  : SAUKANI
EDITOR : IMRON SUPRIYADI




Leave a Reply

Your e-mail address will not be published. Required fields are marked *

Web development by oktopweb.com