Eduar Kohar, Siap Bangun Empat Lawang Di Sektor Pertanian

LAHAT, KSOL – Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Empat Lawang akan digelar 2018. Menjelang Pilkada ini, H.M.Eduar Kohar, SE, MM menegaskan akan maju pada Pilkada. Pencalonannya itu berdasar pada keinginan Eduar yang ingin membawa kemajuan bagi Masyarakat Kabupaten Empat Lawang di Sektor Pertanian.

H.M.Eduar Kohar,MM

H.M.Eduar Kohar,MM

Eduar Kohar menjelaskan, pada prinsipnya Kabupaten Empat  Lawang bisa dikatakan minim kader atau tokoh. Sementara awal pemekaran Empat Lawang dirinya adalah sebagai ketua panitia seminar pada 24 marret 2003. Seminar tersebut membahas tentang kelayakan Empat Lawang sebagai kabupaten.

“Saya mempunyai harapan besar. Awal pemekaran keinginan yang sama untuk meningkatkan kesejahteraan. Tapi saya berpikir, untuk menggali potensi di Empat Lawang yang tanahnya subur sawah yang membentang, tinggal peningkatan intensifikasinya. Semua ini tentunya perlu sosok yang sanggup bekerja keras untuk masyarakat Empat Lawang guna meningkatkan ekonomi di samping sarana dan prasarana,” ujarnya.

Eduar akan lebih konsentrasi pada pemberdayaan di sektor pertanian. Menurutnya, dengan 176 desa / kelurahan dan 10 kecamatan di Empat Lawang sangat berpotensi dikembangkan.

Menurutnya, setiap 1 petani dibina oleh 1 PPL sesuai dengan bidangnya. Satu desa 1 PPL atau 1 petani 1 handtraktor untuk membangkitkan semangat petani. Kemudian 1 desa 1 unit mesin padi untuk penampungan penggilingan gabah. “Selain itu satu petani selama 3 tahun berturut-turut diberikan pupuk dan pestisida kemudian kelompok tani ada perkebunan pertenakan percontohan di desa tesebut yang dibina 1 PPL,” ujarnya.

Selain sektor pertanian Eduar juga menyinggung tentang kondisi Empat Lawang yang dinilai sejumlah pihak sebagai kawasan yang rawan tindak kejahatan. Oleh sebab itu menurut Eduar, maksimalisasi sistem keamanan lingkungan (siskamling) menjadi hal prioritas.

“Di kabupaten yang dimekarkan pada tahun 2003 ini dikenal tidak aman, lebih efektif  jika fungsi siskamling satu desa satu siskamling yang dibina oleh babinsa kepolisian dan koramil,” lanjutnya.

Dikatakan, kepada masyarakat jangan tergiur dengan janji-janji, saweran akan tetapi masyarakat memilih yang  betul-betul mengembalikan Kabupaten Empat  Lawang lebih sejahtera. “Do’akan saya, jika masyarakat percaya dengan saya, maka saya akan maju pada pilkada Empat Lawang,” tegas Eduar yang kini menjabat Kadishub Kabupaten Lahat.

TEKS / FOTO : JUMRA ZEFRI
EDITOR : IMRON SUPRIYADI




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *