Ada Program PATEN, “Mau Izin Usaha, Cukup di Kecamatan”

EMPAT LAWANG, KSOL –Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Empat Lawang, secara resmi telah memberi mandat sebagian kewenangan kepada para camat. Yaitu, dengan meresmikan program pelayanan administrasi terpadu kecamatan (PATEN), belum lama ini, (17/3/2016).

Lounching program ini, ditandai dengan penandatanganan surat pernyataan peresmian dan maklumat Plt Bupati Empat Lawang. Tentunya, berisikan komitmen pelayanan masyarakat, oleh 10 camat di Empat Lawang.

Plt Bupati Empat Lawang, H Syahril Hanafiah menegaskan, melalui program PATEN, kinerja seorang camat dan jajaran bisa dimaksimalkan. Sebab, katanya, ada sebagian kewenangan bupati diturunkan. “Orientasinya di perizinan, seperti usaha dan lainnya. Jadi kalau mau buat izin usaha cukup di kecamatan saja bisa,” kata Syahril menambahkan, program PATEN memudahkan masyarakat yang bergelut dalam dunia usaha. Jadi, jika ada warga berada jauh, tidak usah bersusah payah lagi datang ke Pemkab Empat Lawang, cukup diselesaikan di kantor camat.

Syahril berpesan, kiranya para camat se-Empat Lawang, dapat melayani masyarakat dengan baik. “Itu yang harus diprioritaskan, gunakan kewenangan ini dengan baik, layani rakyat dengan hati. Beri pencerahan kepada warga untuk taat bayar pajak, karena dengan pajak inilah daerah kita bisa membangun infrastuktur, fasilitas umum, dan lainnya untuk masyarakat itu sendiri,”imbuhnya.

Sementara itu, Kabag Tata Pemerintahan (Tapem) Setda Empat Lawang, Rachmat Riandy, menuturkan, Empat Lawang harus bersyukur telah melounching program PATEN, sebab, kata Mantan Camat Tebing Tinggi ini, di Sumsel hanya sebagaian Kabupaten dan Kota yang baru melaksanakan Program Paten. “Iya di Sumsel hanya beberapa kabupaten dan Kota yang sudah melaksanakan misalnya Palembang. Alhamdulillah, Empat Lawang sudah melounching Program PATEN,”kata Riandy.

Terpisah, Kepala Badan  Penanaman Modal dan Pelayan Perizinan Terpadu (BPMPPT) Empat Lawang, Mursadi, menyebut, secepatnya  pihaknya akan mensosialisasikan secara tekhnis Program PATEN ke kecamatan di Empat Lawang. “InsyaAllah, April ini kita akan sosialisasikan,” bebernya

Setidaknya, ada 66 izin camat memiliki kewenangan. “Disana mencakup urusan SIUP, SITU, TDP, dan lainnya. Adanya Program Paten lebih memudahkan pelaku usaha dalam mengurus izin cukup di camat masing-masing,” tukas Mursadi.

TEKS / FOTO : SAUKANI 
EDITOR : IMRON SUPRIYADI




Leave a Reply

Your e-mail address will not be published. Required fields are marked *

Web development by oktopweb.com