Akhirnya, Sampah di Pinggir Jalan TPA Bukit Kendi Didorong Alat Berat

TANJUNG ENIM, KSOL – Tumpukan sampah yang menumpuk di pinggir jalan masuk menuju Tempat Pembuangan Akhir (TPA) sampah Bukit Kendi akhirnya mendapat perhatian serius. Pihak dinas terkait dibantu PT Bukit Asam saat ini tengah berupaya mendorong seluruh sampah dengan menggunakan alat berat ke lokasi TPA. Dimulai sejak pertengahan Bulan Februari lalu alat berat  jenis Wheel Loader dioperasikan di TPA Bukit Kendi Tanjung Enim.

Disela-sela kegiatannya, Kepala UPTD Kebersihan dan Pertamanan Kecamatan Lawang Kidul M Umar Thoyib, Senin (29/2/16) mengatakan, saat ni alat berat berupa weloeder bantuan dari PTBA sedang mendorong sampah yang menumpuk di pinggir jalan menuju TPA. Sampah didorong dan ditempatkan di lokasi TPA.

“Alhamdulillah, sedang didorong Wheel Loader bantuan PTBA. Semua sampah didorong ke TPA, sekarang pun masih dilakukan,”ujar Umar kepada Reporter RGBA FM.

Umar mengatakan, minimnya personil dan belum adanya alat berat yang di miliki untuk ditempatkan di lokasi TPA, menjadi kendala UPTD dinas kebersihan. Oleh karena itulah, lanjut Umar pihaknya sangat membutuhkan bantuan dari pihak lainnya, seperti perusahaan yang lain. Untuk membantu mengatasi masalah sampah, alat berat juga sudah diusulkan kepada Pemkab Muara Enim, agar secepatnya dapat dianggarkan.

“Sebetulnya sudah kita usulkan alat berat melalui musrenbang kecamatan kemarin. Semoga secepatnya dapat direalisasikan,karena ini sifatnya kan skala prioritas alias sangat diperlukan untk kondisi saat ini”ungkapnya.

Sementara itu, Hijazi salah satu tokoh masyarakat Tanjung Enim mengatakan, alat berat sangat dibutuhkan petugas kebersihan untuk mengatasi masalah sampah di TPA. Lebih lanjut kata dia, Pemkab Muara Enim melalui dinas terkait dapat segera menganggarkan alat berat untuk ditempatkan di TPA Bukit Kendi tersebut.

“Sudah berkali-kali masalah TPA ini diberitakan media. Tetapi dinas kebersihan mengaku terkendala alat berat. Mudah-mudahan apa yang diminta oleh pengelola TPA ini segera terealisasi,” ungkap Hijazi.

TEKS : HENDRO ALDO IRAWAN – REPORTER RGBA FM TANJUNG ENIM
EDITOR : IMRON SUPRIYADI

 




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *