Hasil Survei PKS untuk Cagub DKI: Ridwan Kamil hingga Risma Jadi Favorit

JAKARTA, KSOL – Selain melakukan penjaringan bakal calon gubernur DKI 2017 di internal kadernya, PKS juga melakukan survei kepada publik non-kadernya untuk mengetahui sosok-sosok favorit cagub DKI 2017. Siapa saja nama yang difavoritkan publik?

“Ya hasil survei mirip-mirip dengan rilis lembaga survei yang lain lah. Muncul nama-nama seperti Ridwan Kamil, Tri Rismaharini (Risma) muncul juga, Adhyaksa Dault, Sandiaga Uno,” kata Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PKS DKI Syakir Purnomo saat berbincang, Kamis (21/1/2016).

Ridwan merupakan sosok Wali Kota Bandung yang juga digadang-gadang Partai Gerindra untuk menjadi penantang Ahok. Nama fungsionaris Gerindra Sandiaga Uno juga ‘masuk radar’ untuk maju di Pilgub DKI. Sedangkan Risma adalah Wali Kota Surabaya yang didukung PDIP, meski belakangan Ketua DPP Bidang Organisasi PDIP Djarot Saiful Hidayat, yang juga Wakil Gubernur DKI, menyatakan Risma tak mungkin maju.

Namun demikian, urutan nama dan detil hasil survei itu masih dirahasiakan PKS. Survei ini masih perlu ditindaklanjuti oleh Dewan Pimpinan Tingkat Pusat (DPTP) PKS. Syakir menginformasikan, PKS juga mempekerjakan lembaga survei untuk menggarap ini. “Survei dilakukan pada 24 hingga 29 Desember kemarin (2015),” kata Syakir.

Ada 800 responden yang disurvei. Margin error survei ini sebesar 3 persen. Hasil survei beserta penjaringan internal kader PKS akan dipertimbangkan oleh DPTP PKS secara musyawarah. “Survei ini bukan satu-satunya sumber pengambilan keputusan. Nanti pembuat keputusannya adalah DPTP PKS,” kata Syakir.

Selain survei ini, ada hasil penjaringan internal Kader PKS soal sosok-sosok bakal cagub DKI 2017. Hasil penjaringan itu memunculkan nama Hidayat Nur Wahid, Ahmad Heryawan, Anis Matta, Triwisaksana, hingga Selamat Nurdin. DPTP PKS akan menimbang-nimbang calon yang akan didukung dari hasil survei dan penjaringan internal PKS untuk memunculkan nama siapa yang akan menjadi penantang Basuki T Purnama (Ahok) di 2017.

Hasil keputusan DPTP akan dimumumkan segera. “Mudah-mudahan dalam waktu dekat ini diumumkan. Mudah-mudahan bulan Januari ini. Saya juga pengin tahu segera,” tandasnya.

TEKS : DETIK.COM




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *