Disdik Empat Lawang Matangkan Pelimpahan SMA/SMK ke Provinsi

EMPAT LAWANG, KS
Sistem pengelolaan Sekolah Menengah Atas (SMA) dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Kabupaten/kota bakal diambil alih Provinsi. Begitu juga di Empat Lawang, rencana ini masih dalam tahap proses pematangan oleh Dinas Pendidikan.

Demikian disampaikan Kepala Disdik Empat Lawang, Agusni Efendi, kemarin (30/12/2015). Menurut Agusni, pengelolaan personil, pendanaan, prasarana dan dokumen (P3D) tingkat SMA/SMK, akan diambil alih pemerintah provinsi Sumsel, mulai Oktober 2016.Namun untuk sementara waktu masih menjadi tanggungjawab Kabupaten/Kota.

“Saat ini P3D masih tangungjawab kita, terhitung 1 Januari 2017 nanti seluruhnya menjadi tangung jawab pihak Provinsi,” jelasnya.

Mengenai penggajian tenaga pengajar, kata Agusni, tidak ada masalah karena seluruhnya akan menjadi tanggung jawab pemerintah pusat. Dia pun mengaku, pelimpahan tersebut tidak terlalu sulit, terlebih jika data dan asal tenaga pengajarnya jelas.

“Dari sisi kepegawaian, pelimpahan tenaga dari Kabupaten/Kota ke Provinsi relatif mudah. Hanya saja kita masih menunggu dasar dari pelimpahan ini,” katanya.

Kendati begitu, lanjut Agusni, dirinya belum bisa berkomentar banyak terkait pelimpahan pengelolaan SMA-SMK ke Provinsi ini. Yang jelas kita siap jika memang ini segera terwujud. Diperkirakan 2017 nanti mulai direalisasikan, tapi sebenarnya lebih cepat lebih baik.

Dia menambahkan Pemprov Sumsel menyambut baik pelimpahan pengelolaan SMA-SMK. Seperti diketahui, berdasarkan Undang-Undang 23 Tahun 2014 Tentang Pemerintahan Daerah, manajemen pengelolaan SMA-SMK akan diurus oleh pemerintah Provinsi, tidak lagi oleh Kabupaten/Kota.

“Saya rasa pihak Pemprov Sumsel siap mengemban tugas tersebut. Kami akan menyiapkan berbagai keperluan pelimpahannya,”imbuhnya.

Hal senada disampaikan oleh Kepala Bidang Pendidikan Menengah (Dikmen), Regi Subono, bahwasanya sebagai Kabid ia sudah melakukan persiapan untuk pelimpahan dimaksud. Bahkan, imbuhnya, Disdik Provinsi Sumsel pun sudah melakukan Verifikasi mulai dari data kepegawaian, aset dan siswa tingkat SMA dan SMK di Empat Lawang.

TEKS : SAUKANI

EDITOR : IMRON SUPRIYADI




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *