Bangun Transparansi, Kejaksaan Negeri Muara Enim Gelar Press Gathering

MUARA ENIM, KS

Dalam era keterbukaan informasi publik seperti sekarang ini (Open Goverment Indonesia,red), adalah sebuah gerakan bersama pemerintah dengan masyarakat untuk mewujudkan keterbukaan dan percepatan perbaikan pelayanan publik di Indonesia, sebagaimana yang sudah diamanatkan oleh UU No 14 tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik (KIP) dan UU No 25 tahun 2009 tentang pelayanan publik.

Setidaknya hal itu sudah di lakukan oleh Kejaksaan Negeri Muara Enim, Sumatera Selatan dengan selalu rutin menggelar acara “Coffee Morning” dan “Press Gathering” bersama rekan-rekan wartawan di Kabupaten Muara Enim, pada setiap kesempatan. Seperti pada Rabu (30/12/2015) siang sekitar pukul 11.00 WIB.

Kepala Kejaksaan Negeri Muara Enim Adhyaksa Darma Yuliano, SH,MH mengajak sahabat media untuk jumpa pers mengenai capaian kinerja Kejari Muara Enim selama tahun 2015, di ruang Aula Kejaksaan Negeri Muara Enim. Adhyaksa yang didampingi oleh Kasi Pidum Soemarlin Halomon Ritongan SH,

Kepala Kejaksaan Negeri Muara Enim Adhyaksa Darma Yuliano, SH,MH (Tengah) Bersama Jajarannya di Aula Kejari Muara Enim, Rabu (30/12/15) Siang (Foto. Dok.KS/Aldo)

Kepala Kejaksaan Negeri Muara Enim Adhyaksa Darma Yuliano, SH,MH (Tengah) Bersama Jajarannya di Aula Kejari Muara Enim, Rabu (30/12/15) Siang (Foto. Dok.KS/Aldo)

Kasi Datun Depati Herlambang SH,Kasi Intel Erik Eriyadi SH,dan Kasi Pemeriksaan Revi Aprilyani SH menyampaikan maksud dan tujuan  diadakannya kegiatan seperti ini yakni  selain akan berakhirnya masa  tahun 2015 , juga untuk menyambung silahturahmi, serta sebagai bentuk akuntibiltas atau transparansi keterbukaan informasi publik kepada media tentang kinerja dan pencapaian penanganan berbagai kasus baik yang sedang dan telah dilakukan oleh Kejari Muara Enim.

“Terima kasih atas kehadiran rekan-rekan media memenuhi undangan kami dalam rangka Press Gathering. Saya juga ingin melakukan paparan kinerja sekaligus memperkenalkan para jajaran saya dalam melakukan penegakan hukum selama tahun 2015 ini,” ucap Adhyaksa dengan nada bersahabat.

Dalam paparan nya Adhyaksa menjelaskan capaian kinerja Kejaksaan Negeri Muara Enim dari masing-masing seksi yang ada seperti dari bidang Pembinaan, Intelijen, Tindak pidana umum,Tindak pidana khusus, dan bidang Datun.

Baco jugo : Kejari Muara Enim Masuk 5 Besar Penilaian Kinerja Terbaik Kejaksaan Se-Sumsel Tahun 2015)

“Kejaksaan Negeri Muara Enim pada sosialisasi Rapat Kerja Nasional tahun 2015 Kejaksaan Republik Indonesia pada hari Rabu tanggal 23 Desember 2015 yang lalu di hotel Swarna Dwipa mendapat apresiasi dari Kejati Sumsel Bpk DR T Suhaimi SH,M.Hum,” ujarnya.

Suasana Press Gathering Kejari Muara Enim dan Insan Pers di Muara Enim.‎ (Foto. Dok.KS/Aldo)

Suasana Press Gathering Kejari Muara Enim dan Insan Pers di Muara Enim.‎ (Foto. Dok.KS/Aldo)

Iapun mengucapkan syukur dan bangga bahwa optimalisasi dalam setiap kinerjanya bersama seluruh jajarannya di apresiasi oleh pimpinan. Untuk itu lanjut dia, Kejari Muara Enim ini akan berupaya lebih baik lagi sehingga bisa mencapai prestasi maksimal pada tahun berikutnya.

“Terimakasih untuk seluruh jajaran dan keluarga besar Kejaksaan Negeri Muara Enim atas pencapaian prestasi ini. Karena ini adalah hasil kerja tim. Dimana capaian itu dinilai dari setiap aspek, baik penanganan perkara pada setiap bidang dan juga kinerja,” pungkasnya.

Sementara itu, menurut Azhar dan Dani  wartawan media cetak lokak terbitan Sumsel mengatakan kegiatan seperti ini sangat penting dan tidak banyak di lakukan oleh dinas instansi atau lembaga hukum lainnya. Karena dengan kegiatan Press Gathering atau Coffee Morning bersama insan pers paling tidak turut melakukan program pemerintah pusat yaitu mewujudkan keterbukaan dan percepatan perbaikan pelayanan publik di Indonesia. “Ya tentu sebagaimana yang sudah diamanatkan oleh UU No 14 tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik (KIP),” tukasnya.

TEKS/FOTO : HENDRO ALDO IRAWAN, REPORTER RGBA FM TANJUNG ENIM

EDITOR : IMRON SUPRIYADI




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *