Bangunan SPAL di Desa Pajar Bakti Mudah Ambruk

EMPAT LAWANG, KS
Bangunan Saluran Pembuangan Air Limbah (SPAL) di Desa Pajar Bakti Kecamatan Tebing Tinggi, sepertinya kurang kokoh dan mudah ambruk. Kerusakan terjadi, diduga karena pekerjaan proyek dari Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga (PU BM), kurang pengawasan.

Pantauan www.kabarsumatera.com dilapangan, beberapa titik SPAL yang ambruk rata-rata sepanjang 4 sampai 5 meter, SPAL dibangun di jalanmenuju Desa Pajar Bakti.

Tentu dengan ambruknya siring ini menuai kecaman dari masyarakat setempat. Karena bangunan siring yang menelan anggaran hingga ratusan juta rupiah itu terseksan sia-sia. Apalagi menurut infromasi yang dihimpun bangunan tersebut menggunakan APBD, tentu masyarakat setempat sebelumnya berharap bangunan tersebut kokoh.

“Terkesan sia-sia bangunan ini kalau cepat rusak, karena kami sangat berharap seluruh bangunan di desa kami ini bisa bertahan lama,” ujar IR warga Desa Pajar Bakti, Minggu (27/12/2015).

Petani ini mengaku sangat kecewa dengan pihak Pemerintah, terutama Pemborong yang tidak memperhatikan betul pembangunan siring diDesanya. “Kalau benar-benar dikerjakan sesuai Rencana Anggaran Biaya (RAB) pasti kokoh, kami selaku masyarakat kecil bukannya menuduh pihak terkait membangun siring ini tidak sesuai RAB. Karena jika dibandingkan dengan bangunan siring yang kami buat disekitar rumah, jelas lebih besar biaya siring yang dibangun oleh Pihak Pemerintah. Kenapa yang dibangun Pemerintah ini lebih cepat rusak?” ulasnya.

Sementara itu, Kades Desa Pajar Bakti, Jumadi mengaku ikut kecewa dengan bangunan siring didesanya yang sudah ambruk. “Saya selaku Kepala Desa sangat berharap, agar pihak terkait agar segera mengecek dan memperbaiki siring yang sudah rusak ini. Siring ini sepengetahun saya ambruk sekitar satu bulan lalu,” jelasnya.

Dikatakannya, pihak Pemerintah dalam hal ini Dinas PU BM Kabupaten Empat Lawang harus melihat secara langsung bangunan siring diDesa Pajar Bakti, karena tidak sedikit juga ada siring yang kategori akan ambruk. “Lihat saja diujung itu, akan ikut ambruk juga nantinya,” katanya seraya menujuk siring.

Secara terpisah, Kepala Dinas PU BM Empat Lawang, Fauzi melalui Kasi pemeliharaan jalan, Udin memastikan, dirinya dan tim PU BM akan segera mengecek SPAL atau siring yang ambruk di Desa Pajar Bakti. “Insyaallah nanti anggaran untuk memperbaiki siring yang ambruk itu akan kita masukan di tahun 2016,” tukasnya.

TEKS : SAUKANI

EDITOR : IMRON SUPRIYADI




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *