Naskah Ensiklopedia Sastra Modern Sumsel Selesai Dikuliti

PALEMBANG, KS

Upaya Balai Bahasa Sumatera Selatan untuk menerbitkan Buku Ensiklopedia Sastra modern akan segera terwujud. Naskah yang sebelumnya sudah didiskusikan melalui sarasehan, kemarin, telah selesai “dikuliti” melalui Forum Group Discussion (FGD) selama dua hari (Selasa-Rabu) 22-23 Desember 2015 di Ruag Amran Halim Balai Bahasa Sumatera Selatan.

FGD yang dihadiri sejumlah pelaku seni, akademisi dan praktisi kebudayaan di Sumatera Selatan ini menguatkan sejumah data yang sebelumnya  sudah didokumentasi Balai Bahasa Sumatera Selatan.

BALAI-02

Suasana FGD Di Ruang Amran Halim Balai Bahasa Sumatera Selatan, Selasa-Rabu (22-23 Desember 2015) (Foto.Dok.KS)

BALAI-03

Suasana FGD Di Ruang Amran Halim Balai Bahasa Sumatera Selatan, Selasa-Rabu (22-23 Desember 2015) (Foto.Dok.KS)

Aminullatif, S.E, M.Pd, Kepala Balai Bahasa Sumatera Selatan menjelaskan FGD yang digelar ini sebagai upaya penambahan data naskah buku yang akan segera diterbitkan. “Beberapa data sudah kami kumpulkan sejak 2009. Namun menurut kami belum cukup akurat dan masih diperlukan kelengkapan data. Oleh sebab itu kami merasa perlu menyelenggarakan acara ini. Tujuanya, untuk mendapatkan lebih banyak data, terutama tentang sejumlah artikel sastra modern di Sumatera Selatan, sejak dulu hingga sekarang,” ujarnya di sela-sela rehat FGD, kemarin, Selasa (23/12/2015).

Pada FGD yang melibatkan 30 peserta ini, Balai Bahasa membagi peserta menjadi lima kelompok dengan satu fasilitator. Masing-masing kelompok mendiskusikan artikel yang meliputi 12 klasifikasi sastra yang meliputi; hadiah sastra, istilah sastra, karya sastra, lembaga/wadah/organisasi sastra, madzhab sastra, mdia sastra, penerjemah sastra, pengarang sastra, terjemahan sastra dan tokoh pengayom sastra. “Setelah naskah ini menjadi buku, akan menjadi sumbangsaih Balai Bahasa kepada dunia pendidikan, terutama di Sumatera Selatan,” tegas Aminullatif.

TEKS : T PAMUNGKAS

EDITOR : IMRON SUPRIYADI




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *