Pencopotan Sekda Burhansyah Terkesan Mendadak? Kini Dijabat Edison Jaya

EMPAT LAWANG, KS

Pencopotan jabatan Sekretaris Daerah (Sekda) Pemkab Empat Lawang terkesan mendadak. Belum diketahui apa alasan ditariknya, Drs Burhansyah oleh Pemprov Sumsel, sehingga harus menanggalkan jabatan pembina kepegawaian di bumi saling keruani sangi kerawati.

Kini jabatan Sekda Empat Lawang diamanakan ke, Edison Jaya, SH sebelumnya menjabat Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatanan Sipil (Disdukcapil) Empat Lawang.

Informasi dihimpun Kabar Sumatera menyebutkan, kasak-kusuk spekulasi perbincangan terkait pencopotan Sekda Burhansyah marak dikalangan masyarakat, khususnya PNS dilingkungan Pemkab Empat Lawang. Selain terkesan mendadak, banyak penilaian bahwa tidak transparannya alasan kenapa harus terjadi pergantian Sekda. Disisi lain, mencuat dugaan bahwa Plt bupati, H Syahril Hanafiah merestui pergantian tersebut.

“Kok mendadak, padahal setahu kami pak Burhansyah tidak melakukan kesalahan apa pun ?,” cetus salah satu PNS dilingkungan Pemkab Empat Lawang, Selasa, (22/12/2015).

Publik pasti ingin tahu, kata dia, apa jabatan pak Burhansyah di Pemprov Sumsel, sehingga terkesan Pemprov mendadak menariknya. Atau hanya alasan klasik pencopotan saja?. “Harusnya diperjelas juga, agar tidak menimbulkan prasangka,” imbuhnya.

Sementara itu, Plt bupati Empat Lawang, H Syahril Hanafiah memastikan, jabatan Sekda saat ini diamanahkan kepada, Edison Jaya, SH. ‪Menurut Syahril, sekda lama Drs Burhansyah ditarik ke pemprov sehingga jabatan sekda kosong, pihaknya lansung mengusulkan tiga nama yang kemudian disetujui dengan ditandai SK oleh Gubernur Sumsel, H Alex Noerdin.

Ketiga nama pejabat eselon II di kabupaten Empat Lawang yang disusulkan yakni Edison Jaya sendiri yang mendudukan jabatan Kepala dinas Kependudukan dan Catatan sipil, kemudian Alhumaidi menjabat kadispora dan ketiga syarkowi yang menjabat Kepala dinas Pekerjaan Umum Cipta Karya. “Yang di setujui Edison jaya,”ujarnya.

‪Kemudian Syahril juga mengatakan, bahwa penarikan sekda lama Drs Buhansyah ke Pemprov terhitung sejak tanggal 14 Desember lalu. Nah, mengenai administrasi yang sudah berjalan kata syahril tidak menjadi persoalan ataupun kendala roda pemerintahan Kabupaten Empat Lawang.

‪Bagaimana dengan pencairan dana dan pengesahan APBD Empat Lawang, Syahril juga mengaku tidak ada kendala berarti pasalnya sekda hanya paraf. Lebih jauh Syahril menghimbau sekda baru dapat bekerja profesional, bekerja untuk negera, lebih mementingkan kepentingan negara, dan yang lebih utama sekda sebagai pembina PNS dapat menjalankan roda pemerintahan Empat Lawang dengan baik. “Figur seperti ini yang kita inginkan, mudah mudahan bisa melaksanakan tugas dengan maksimal,” tukasnya.

TEKS : SAUKANI

EDITOR : IMRON SUPRIYADI




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *