Duh, Warga Binaan di Rutan Tebing Tinggi Membludak

EMPAT LAWANG, KS
Jumlah warga binaan di rumah tahanan (Rutan) Cabang Tebing Tinggi semakin membludak. Dari kapasitas standari penampungan sekitar 92 orang, kini warga binaan yang ada sudah mencapai 153 orang.

Kepala Rutan Tebing Tinggi, Abdul Hakim Amer melalui Bagian Registrasi, Rismanto mengatakan, terjadinya peningkatan jumlah warga binaan di Rutan Tebing Tinggi, sejak Empat Lawang dimekarkan. Apalagi setelah adanya Mapolres Empat Lawang.

Tercatat saat ini, beber Rismanto, dari 153 warga binaan yang ada, 104 orang diantaranya adalah narapidana, kemudian 49 orang lainnya tahanan. “Termasuk diantaranya ada empat orang wanita, sementaa kasus narkoba sebanyak 36 orang,” bebernya.

Selanjutnya Rismanto mengulas, selain over kapastitas pihaknya juga mengalami kekurangan personil penjagaan. Sebab, sampai saat ini untuk melayani 153 warga binaan, pegawai yang ada hanya 16 orang petugas itu pun sudah termasuk kepala rutan. Makanya rismanto berharap, adanya peningkatan status cabang rutan menjadi rutan bahkan naik kelas menjadi kelas 2 b saja sudah bisa diterima.

Jika kelas dinaikkan, imbuh Rismanto, kapasitas dipastikan akan bertambah dan kemudian pegawai bahkan gedung juga ditambah. Hal ini sangat wajar mengingat sudah sejak lama adanya peningkatan tatus Tebing Tinggi menjadi ibu kota kabupaten, terpisah dengan kabupaten induk lahat lalu.”Bayangkan setiap hari ada 4 sip piket, satu regu hanya 2 orang, “imbuhnya.

‪Nah, mengenai penambahan personil dan peningkatan status kata Rismanto, sudah dilakukan pihaknya berulang kali seiap kali ada kesempatan, baik itu laporan tertulis maupun pertemuan sudah disampaikan agar adanya penambahan pegawai atau peningkatan status. Namun demikian sampai saat ini masih juga belum ada respon,”kita hanya menunggu,” tukasnya.

TEKS : SAUKANI

EDITOR : IMRON SUPRIYADI




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *