Pemkab Empat Lawang Gratiskan Pembuatan Izin Usaha Mikro

EMPAT LAWANG, KS
Kabar gembira bagi para pelaku/pemilik usaha mikro, saat ini pengurusahan izin tidak dipungut biaya (gratis). Sebab, program gratis merupakan kebijakan pemerintah pusat, mulai dijalankan Pemkab Empat Lawang 2015 ini.

“Bagi pemilik usaha mikro dipersilahkan untuk menguruskan izin usahanya tanpa ada pemungutan biaya,”ujar Plt Bupati Empat Lawang H. Syahril Hanafiah melalui Kepala Dinas Koperasi dan UKM Empat Lawang Kuswinarto, kemarin (10/12/2015).

Dijelaskan Kuswinarto, pembuatan izin gratis ini adalah salah satu program pusat, jadi pihak Kabupaten hanya meneruskan program Pemerintah Pusat. “Ya ini adalah program pusat dan pihaknya meneruskan program tersebut,” jelasnya.

Pemilik usaha tidak perlu untuk datang kekantor Koperasi dan UKM dalam pembuatan izin usaha, sebab sudah kita limpahkan kepada pihak Kecamatan.

Dia menambahkan, sebenarnya program ini sudah bisa dilakukan, akan tetapi masih mempersiapkan perangkat hukum untuk didaerah. Dan saat ini tinggal menunggu penandatanganan, setelah itu selesai baru bisa diterapkan.”Sebenarnya program ini sudah dilaksanakan oleh pemerintah pusat, akan tetapi untuk didaerah masih terkendala perangkat hukum,” bebernya.

Dilanjutkan Kuswinarto, program ini salah satu upaya pemerintah untuk memotivasi usaha mikro yang ada di Kabupaten Empat Lawang. “Untuk memotivasi para pemilik usaha, dengan begitu tentunya mereka dengan cepat untuk pembuatan izin,” tukasnya.

TEKS : SAUKANI

EDITOR : IMRON SUPRIYADI




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *