Pasokan Sedikit, Harga Ikan Lele dan Nila di Pasar Tanjung Enim Naik

TANJUNG ENIM, KS

Akhir-akhir ini para konsumen ikan Lele dan Nila di Kota Tanjung Enim mengeluhkan harga kedua ikan air tawar itu naik. Harga ikan lele saat ini di Pasar Tradisional mencapai Rp 25 ribu per kg. Sedangkan ikan Nila harganya Rp 30 ribu per kg. Sedangkan untuk harga ikan patin masih sama Rp 18 ribu per kg. Namun justru ikan mas yang mengalami penurunan harga menjadi Rp 28 ribu per kg.

“Dibandingkan seminggu lalu, kenaikannya cukup terasa. Jenis Ikan lele sekarang sudah tembus Rp 25 ribu per kilo, ikan nila 30 ribu per kilogram. Mungkin karena pasokan ikan berkurang sehingga harga ikan lele dan nila menjadi naik,”ungkap Nurul (35) Ibu rumah tangga di Tanjung Enim kepada reporter RGBA FM , Selasa (8/12/15).

Pasar Ikan di Tanjung Enim (Foto.Dok.KS/Aldo)

Pasar Ikan di Tanjung Enim (Foto.Dok.KS/Aldo)

Pantauan di salah satu pedagang yang menjual berbagai macam ikan air tawar di pasar, saat ini persedian ikan lele dan nila berkurang. Untuk jenis ikan patin stok tersedia cukup, bahkan jenis ikan mas malah persedian melimpah.

“Jelang tahun baru ini ikan lele dan nila sulit didapat. Biasanya setiap hari kiriman rutin, tetapi sekarang ini sudah beberapa hari belum ada kiriman. Akibatnya harga ikan lele dan nila naik. Ikan patin harganya masih tetap, hanya ikan mas yang harganya turun,”ungkap Susi salah satu pedagang ikan di sana.

Kelangkaan ikan Lele dan Nila ini juga diakui oleh salah satu penyalur ikan di Tanjung Enim, Suro mengungkapkan, bibit ikan Lele dan Nila memang saat ini sedang langka. Dirinya mengaku kesulitan melayani permintaan kedua ikan tersebut akibat pasokan ikan nila dan lele dari Lubuk Linggau tidak lancar.

“Kiriman bibit ikan lele dan nila dari Linggau sekarang ini kurang lancar. Biasanya kiriman lancar, kabarnya ikan disana sedang terkena penyakit, jadi produksi ikan menurun. Tetapi kurang tahu juga pastinya. Sekarang ini saya masih menunggu bibit ikan dikirim,” ungkap Suro saat dibincangi.

TEKS : HENDRO ALDO IRAWAN – REPORTER RGBA FM

EDITOR : IMRON SUPRIYADI




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *