Bantu Peminatan Siswa, SMA Bukit Asam Gandeng Lembaga Konsultan Psikolog

TANJUNG ENIM, KS

Memberikan pertimbangan dalam memilih jurusan sesuai dengan minat dan bakat akademik bagi siswa menjadi hal penting. Oleh sebab itu, SMA Bukit Asam Tanjung Enim menggandeng Lembaga Konsultan Psikologi Mutiara Azhar dari Kota Palembang. Tujuannya untuk menjembatani masalah peminatan dan penjurusan siswanya kelas X dan XI. Untuk kelas X mengambil jurusan IPA dan IPS, sedangkan untuk kelas XI peminatan jurusan di Perguruan Tinggi (PT)

“Kita sengaja gandeng Psikolog dari Palembang, untuk membantu mengarahkan siswa memilih jurusan dan peminatan. Dengan Lembaga Konsultan Muatiara Azhar ini sudah lima tahun kerjasama,” ungkap Dra Hj Nurbaity MM Kepala SMA Bukit Asam, kepada reporter RGBA FM, Selasa (8/12/15).

Dikatakan, lembaga konsultan Psikolog ini bekerjasama dengan guru Bimbingan Konseling (BK) SMA Bukit Asam. Psikotes dilakukan selama satu hari, dengan tim penguji berjumlah 8 orang Psikolog dari Mutiara Azhar Palembang.

Tujuannya siswa kelas X mendapatkan arahan pemilihan jurusan IPA dan IPS, sedangkan siswa kelas XI mendapatkan arahan jurusan di Perguruan Tinggi, sesuai dengan minat dan bakatnya.

“Siswa SMA Bukit Asam memang wajib mengikuti kegiatan peminatan ini. Tujuannya adalah untuk membantu anak-anak memberikan pertimbangan dalam memilih jurusan, sesuai dengan minat dan bakat akademik yang dimiliki siswa,” kata Bety.

Herlina S.Psi, Psikolog, salah satu penguji mengatakan dalam memberikan pertimbangan memilih jurusan, pihaknya melihat dari beberapa aspek. Meliputi aspek psikologis individu, IQ, bakat intelektual dan peminatan siswa sendiri.

Menurut Herlina, setelah melalui aspek-aspek yang disebutkan tadi, tim membuat kesimpulan hasil tes. Lalu hasil tersebut diserahkan kembali ke sekolah melalui guru BK untuk disampaikan kepada siswa. “Pada akhirnya pihak sekolah yang akan menentukan hasilnya, tentu dengan pertimbangan bakat dan minat tadi,” ungkap Herlina.

Sementara itu, salah satu guru BK SMA Bukit Asam, Heni Sriyati S.Psi mengatakan, arahan dari guru BK akan disampaikan kepada siswa dan orang tuanya. Kemudian untuk menentukan penjurusan, setiap siswa akan mendapatkan penilaian khusus, meliputi ulangan harian, nilai US semester I, hasil angket orang tua, dan rekomendasi.

“Seperti tahun kemarin, anaknya pingin ekonomi, tetapi orang tua kepingin anaknya masuk jurusan teknik. Hal ini tidak balance khan, maka kita lakukan pembinaan orang tua, dan orang tua dan sudah dibuat perjanjian,” tutur Heni.

TEKS : HENDRO ALDO IRAWAN – REPORTER RGBA FM

EDITOR : IMRON SUPRIYADI

 




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *