Kebersihan Tak Bisa Andalkan Petugas, Wali Kota : Mulailah Bersih-bersih di Sekitar Rumah

PALEMBANG, KS

Wali Kota Palembang, Harnojoyo mengatakan persoalan menjaga kebersihan kota tidak bisa hanya mengandalkan petugas kebersihan kota. “Jika hanya mengandalkan petugas dan armada yang ada, jelas tidak cukup. Kebersihan membutuhkan peran masyarakat. Oleh sebab itu perlu dilakukan kegiatan bersih-bersih setiap akhir pekan di beberapa lokasi. Ini untuk menggugah masyarakat. Setidaknya, mereka mulai membersihkan area sekitar tempat tinggalnya saja dulu,” Harnojoyo mengingatkan.

Harnojoyo, Wali Kota Palembang

Harnojoyo, Wali Kota Palembang

Ia mengatakan, kebersihan kota harus menjadi perhatian sejak awal. Sebab sampai sekarang masih sering ditemukan tumpukan sampah di pusat kota, seperti di pinggiran Sungai Musi, kawasan pasar dan kawasan umum lainnya.

Prioritas program kebersihan ini dilakukan, untuk menyejajarkan Kota Palembang dengan kota-kota internasional lainnya. Apalagi, sebentar lagi Palembang akan menjadi tuan rumah Asian Games 2018. “Bagaimana caranya agar Palembang ini bersih, hijau dan cantik. Itu yang menjadi skala prioritas kita,” tegas Harnojoyo di rumah dinasnya, Senin (7/12/2015).

Seiring dengan maksimalisasi kebersihan kota, Pemkot juga akan melakukan penghijauan taman-taman. Sehingga kota akan terasa sejuk dan asri. “Beberapa taman akan ditambah. Taman yang sudah ada akan dipercantik lagi. Salah satunya di bawah Jembatan Musi II yang direncanakan akan dibangunkan taman,” katanya.

Sebagai penambah keindahan kota, Harno menyebut, selain taman Jembatan Ampera juga akan dipercantik mempercantik sebagai ikon Kota Palembang. “Di jembatan Ampera akan kita pasang kembali lampu-lampu hias. Kita sudah kerja sama dengan pihak swasta, yaitu Philips. Rencananya akan dibuat seperti Jembatan Suramadu. Jadi benar-benar cantik,” jelasnya.

TEKS : IMAMAH AL-GHANIY

EDITOR : IMRON SUPRIYADI




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *