Okupansi Hotel Meningkat Jelang Pergantian Tahun

PAGARALAM, KS

Jelang pergantian tahun dan libur sekolah, diperkirakan banyak pengunjung berdatangan ke Bumi Besemah. Mereka bakal berdatangan dari berbagai daerah, termasuk pula diantaranya membawa sanak keluarga hingga berpengaruh pada tingkat hunian atau okupansi hotel maupun penginapan yang ada di Pagaralam ini.

“Sejauh ini hampir 90 persen seluruh kamar hotel,  villa maupun penginapan, yang ada di Pagaralam sudah banyak dipesan (boking),” kata Nanang, pengelola Hotel Seganti Setungguhan Komplek Perkebunan Teh Gunung Dempo, Sabtu (5/12/2015).

Menurutnya, para pengunjung yang hendak berlibur  di kota ini,  sejak memasuki pekan pertama Desember 2015 cukup lumayan tinggi. Mengingat tingkat hunian bukan hanya dikawasan Gunung Dempo saja, termasuk pula penginapan dan hotel di pusat kota pun telah terisi semua kamarnya. Misalnya Hotel Telaga Biru, Darma Karya, Putri Ayu, dan Hotel Mirasa.

“Syukur Alhamdulillah, tingkat hunian menjelang pergantian tahun 2016 cukup tinggi. Mereka yang menginap sudah jauh-jauh hari telah memesan kamar,” terangnya.

Hal senada dikemukakan Wensi, salah seorang pegawai Hotel Darma Karya mengatakan, sejak awal Desember sebagian kamar sudah terisi. “Awal Desember 2015, para pemesanan cukup lumayan tinggi,” ujarnya seraya berkata para pengunjung yang akan menginap untuk liburan akhir tahun lebih banyak bila dibandingkan tahun lalu.

Hendri  menambahkan, Eko salah setu pengunjung asal Surabaya yang membawa anggota keluarganya  mengaku beruntung masih dapat kamar hotel. “Beruntung bila punya kawan di Pagaralam dan  telah memesan kamar hotel sejak jauh hari sebelumnya,” ujar pria yang rencananya bakal mengajak sanak keluarganya berlibur hingga pergantian tahun nanti.

Sementara itu, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Drs Samsul Bahri Burlian MSi, libur sekolah dan menjelang pergantian tahun nanti, diperkirahkan tingkat hunian  bakal terus meningkat. “Ya, para wisatawan banyak memanfaatkan liburannya ke Bumi Besemah. Hal itu terlihat dari tingkat hunian disejumlah hotel, vila dan penginapan yang banyak didatangi pengunjung yang hendak berlibur di Pagaralam,” jelasnya.

Kendati demikian kata Samsul, sejauh ini pihaknya terus berupaya melakukan perbaikan terhadap sejumlah sarana dan prasarana penunjang sebagai wujud pengembangan sektor wisata, seperti rehabilitasi hotel dan villa, jalan hingga kawasan wisata terpadu. “Mudah-mudahan sektor wisata di Pagaralam kian maju, baik ditingkat Sumsel hingga nasional,” hendaknya.
TEKS : ANTONI STEFEN

EDITOR : IMRON SUPRIYADI




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *