Temui Saya Kapan dan Dimana Saja, Ndak Usah Pakai Jadwal, Wako : Pariwisata Harus Dukung Seniman

PALEMBANG, KS

Jajaran Pengurus Dewan Kesenian Palembang (DKP) mendapat apresiasi dari Wali Kota Palembang Harnojoyo, Senin (30/11/2015). Di ruang tunggu Kantor Pemkot Palembang, para pelaku seni di Palembang bertemu dengan Harnojoyo dalam suasana rilek.  “Disini bae lah ya, ndak usah ke dalam. Kito ngobrol di sini, mako pacak nyantai,”  ujar Harno yang kemudian menyalami semua jajaran Pengurus DKP yang hadir.

Suasana Pertemuan (Audienci) Dewan kesenian Palembang (DKP) dengan Wali Kota Palembang (Foto.Dok.DKP/YS.Sonov)

Suasana Pertemuan (Audienci) Pengurus Dewan Kesenian Palembang (DKP) dengan Wali Kota Palembang, Harnojoyo (Foto.Dok.DKP/YS.Sonov)

“Lanjut, payo silakan dimulai,” Harno memberi kode kepada pengurus DKP untuk memulai perbincangan. Vebri Al Lintani, Ketua DKP yang duduk persis di samping Harno kemudian menyerahkan satu bundel yang berisi rencana startegis (renstra) DKP yang merupakan program jangan  pendek, menengah dan panjang DKP.

Vebri secara detil menjelaskan sekian banyak program DKP Lima tahun mendatang. “Banyak yang sebenarnya ingin kami sampaikan, tapi mengingat kesibukan Pak Wako, kami pada kesempatan ini hanya akan menyampaikan inti-intinya saja,” ujar Vebri.

Vebri menyampaikan, saat ini DKP tengah menyusun rencana Draf Peraturan Daerah (Perda) Kesenian. “Rancangan Draf Perda ini masih dalam penyusun naskah akademik,” ujarnya. Diharapkan bila rancangan Perda ini disahkan menjadi Perda, akan memperkuat status hukum DKP dan program yang akan dijalankan di masa

Rompok Seni

Hal lain yang juga disampaikan, rencana membuat Pasar Seni, Koperasi Seni, Coffee Seni, termasuk pembentukan kelompok-kelompok seni di setiap kecamatan. “Tapi dalam bahasa kami pakai istilah rompok, yang nantinya akan kita bentuk di setiap kecamatan,” ujarnya.

Rompok seni ini menurut Vebri, akan menjadi ruang bagi setiap pelaku seni di kecamatan, dan nantinya melalui program ini akan memudahkan inventarisasi potensi seni di setiap kecamatan. “Sebab salah satu program kita juga ada pendokumentasian karya seni dan seniman di Palembang,” tegasnya.

Banyak hal yang kemudian ditanggapi Harnojoyo pada pertemuan itu. Namun diantara persoalan pokok yang disampaikan Harno tentang kerjasama antara Dinas Pariwisata Palembang dan DKP. Menurut Harno, salah satu potensi yang saat ini menjadi prmadona bagi negara-negara maju adalah pariwisata. “Oleh sebab itu, untuk memaksimalkan ini perlu kerjasama antara pariwisata dan para seniman,” ujarnya.

Menurut Harno, di semua negara upaya peningkatan dunia pariwisata akan selalu melibatkan dunia seni dan seniman. Keduanya adalah unsur penting yang harus kerjasama. Pariwisata itu erat kaitanya dengan keindahan. Yang punya naluri untuk memperindah, kota, panorama, atau karya adalah seniman. Oleh sebab itu, kata kuncinya adalah bekerjasa sama.

“Kalau idak kerjosamo susah maju kito. Pariwisata kan ado anggaran, seniman yang jalankan sesuai hasil kesepakatan tentang progran itu. Jadi tidak bisa kita berjalan sendiri-sendiri. Tolong Ya, Bu, dari Dinas Pariwisata, begitu juga Vebri, ya, agar bisa kerjasama,” tegas Harno kepada DKP dan perwakilan Dinas Pariwisata Palembang yang hadir pada pertemuan itu.

Sebelum mengakhiri pertemuan, Harno menyarankan agar persoalan seni bisa dibahas tidak selalu dalam kedinasan tapi bisa di rumah atau dimana saja.

“Kito ngobrol lagi yang lebih detil tentang rencana ini, tapi ndak usah dengan kedinasan, biso ke rumah supaya agak lebih santai. Tidak usah pakai jadwal, pokoknyo kapan, dimano bae kalau bisa ketemu, kito ngobrol bareng, kito bahas samo-samo cak mano kesenian di Palembang ini ke depan, terutama harus kerjosamo  dengan pariwisata,” tegasnya.

Harno kemudian beranjak dan mengikuti Rakor di Pemkot Palembang yang sudah dimulai sebelumnya. Pengurus DKP dan semua jajaran yang mendampingi Harnojoyo kemudian meninggalkan ruangan.

TEKS : IMRON SUPRIYADI

FOTO : DOK.DKP/YS.SONOV

 

 

 

 

Satu bundel program kemudian berkas

 




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *