Kepemilikan Senjata Api Rakitan di Maraenim Masih Tinggi, Kapolres : Bila Kedapatan Akan Diproses Hukum

MUARA ENIM, KS

Angka kepemilikan senjata api rakitan (senpira) di Muaraenim tinggi. Hal ini terlihat saat penyerahan senpira oleh mmasyarakat selama Bulan Oktober-November 2015 di wilayah hukum Polres Muaraenim.

Namun demikian, meski sebagian kecil masyarakat sudah menyerahkan senpira, Polres Muara Enim hingga kini tetap menekan angka kepemilikan senjata api rakitan (senpira) yang diduga masih ada di masyarakat. Upaya ini dilakukan guna mengurangi tindak kriminalitas, yang sering menggunakan senpira. Polres melakukan hal ini melalui program pendekatan secara persuasif (himbauan) kepada masyarakat di wilayah Kabupaten Muara Enim dan PALI.

Kapolres Muara Enim AKBP Nuryanto S.IK.M.Si (Foto.Dok.KS/Aldo)

Kapolres Muara Enim AKBP Nuryanto S.IK.M.Si (Foto.Dok.KS/Aldo)

Alhasil, dari pendekatan melalui himbauan, tercatat per 30 November 2015 sudah terkumpul sebanyak 393 pucuk senjata api rakitan (senpira) yang berhasil dikumpulkan. Adapun dari 393 ‎senpira tersebut, 326 senjata api jenis laras panjang dan 67senjata api laras pendek.

Hal tersebut didapatkan semenjak dimulainya imbauan dari pihak kepolisian kepada masyarakat yang mempunyai, memiliki, ada memproduksi senjata api harus diserahkan kepada kepolisian dalam dua bulan terakhir ini.

‎”Alhamdulillah itu berkat kesadaran masyarakat dan memang pihaknya sebelumnya sudah melakukan himbauan melalui media radio, surat kabar dan lainnya yang masih menyimpan, memiliki atau memproduksi senjata api rakitan untuk segera menyerahkan senjata tersebut kepada pihak kepolisian terdekat,” tutur Kapolres Muara Enim, AKBP Nuryanto SIK MSI melalui Kabag Ops Kompol Andi Kumara di dampingi Kabag Humas Polres Iptu Arsyad AR, Senin (30/11/15).

Upaya Polres ini direspon positif. Masyarakat terlihat antusias menyerahkan senpira yang dimilikinya secara suka rela, baik ke Polsek-Polsek maupun dan Polres Muara Enim. Diantara mereka di dampingi kepala desanya masing-masing.

BACO BERITA  SEBELUMNYO : Warga Muaraenim dan PALI Serahkan Senpira ke Polres, 241 Berhasil Dikumpulkan

Sumber : Polres Muaraenim

Sumber : Polres Muaraenim

Lebih lanjut kata Andi, pihaknya menghimbau kepada masyarakat yang masih menyimpan senpira untuk segera menyerahkan senjata api tersebut kepada pihak kepolisian. Sebab pemegang senjata api ilegal atau rakitan hukumannya sangat tinggi, yaitu di  tahan dan di penjara. “Sangsi sangat berat yaitu pidana seumur hidup atau tahanan paling lama 20 tahun. Dan bila kita masih temukan di masyarakat, maka yang bersangkutan akan kita proses hukum,” pungkasnya.

TEKS : HENDRO ALDO IRAWAN – REPORTER RGBA FM

EDITOR : IMRON SUPRIYADI




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *