535 Ribu Bibit Talas Siap Disalurkan ke Koptan

EMPAT LAWANG, KS
Sedikitnya 535 ribu lebih bibit tanaman talas, akan dibagikan ke seluruh kelompok tani (Koptan) di Empat Lawang. Bibit talas, sebagai komoditi tambahan bagi petani tersebut, disediakan oleh Badan Pelaksana Penyuluh dan Ketahanan Pangan (BP2KP) Empat Lawang.

“Untuk saat ini ada sebagian bibit tanaman talas sudah kita berikan kekelompok tani, namun belum secara keseluruhannya,” jelas Kepala BP2KP Empat Lawang, Fadillah Marik, kemarin.

BACO JUGO : Manfaat Umbi Talas Bagi Kesehatan

Dijelaskan Fadillah, di Empat Lawang, tercatat sekitar 50 koptan, yang sudah mendapatkan bibit itu 35 Koptan. Artinya tinggal lagi 15 Koptan yang belum mengambil bibit tanaman talas.

“Setiap Koptan kita berikan 10.715 bibit tanaman talas. Dikarenakan setiap Koptan memiliki lahan satu haktare, jadi disini setiap Koptan itu berbeda-beda bibit yang kita berikan, sebab ada yang memiliki lahan dua haktare,”jelasnya.

Ilustrasi : Google Image

Ilustrasi umbi talas : Google Image

Ketika disingung mengenai program tanaman tanaman talas jalan ditempat, dia menyatakan program ini bukan jalan ditempat dan pihaknya sudah lama menyediakan bibit tanaman talas yang sudah siap untuk ditanam dilapangan. Akan tetapi atas kehendak dari Koptan sendiri yang meminta penundaan penanaman tanaman talas, dikarenakan musim kemarau.

“Yang jelas tidak berjalan ditempat program tanaman talas, bahkan sudah dari jauh-jauh hari pihaknya sudah menyediakan bibit dan atas permintaan Koptanlah yang meminta penundaan masa tanam dikarena musim kemarau,”kata Fadillah.

Dia menambahkan, bibit tanaman talas ini disebarkan diseluruh 10 Kecamatan yang ada di Kabupaten Empat Lawang, namun yang paling banyak itu disebarkan di Kecamatan Tebing Tinggi. “Ya di 10 Kecamatan yang ada, namun yang paling banyak itu di Tebing Tinggi, “tuturnya.

Sedikit mengulas, Fadhilah mengaku, awalnya susah untuk mencari petani yang ingin menanami bibit tanaman talas, namun sekarang malah sebaliknya banyak sekali yang mengajukan proposal permintaan bibit tanaman talas. “Banyak sekali proposal yang masuk, kita pun saat ini kualahan,” tukasnya.

TEKS : SAUKANI

EDITOR : IMRON SUPRIYADI




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *