PTBA Komitmen Tingkatkan Program Beasiswa bagi Warga Miskin

MUARA ENIM, KS

PT Bukit Asam (Persero) melalui program Corporate Social Responsibility (CSR) akan terus meningkatkan program  Biaya Pendidikan Mahasiswa Bukit Asam (Bidiksiba) untuk warga kurang mampu (miskin). Program ini diutamakan bagi masyarakat di ring 1 perusahaan. Karena hal ini diyakini oleh perusahaan BUMN sebagai solusi untuk meningkatkan taraf hidup keluarga pra sejahtera di wilayah operasional kerjanya. Sejak tahun 2010 hingga tahun 2015 sudah 93 orang yang menikmati beasiswa sekolah di Perguruan Tinggi (PT) di Indonesia.

Novian Suri, Senior Manager (SM) CRP PTBA (Foto.Dok.KS/Aldo RGBA-FM)

Novian Suri, Senior Manager (SM) CRP PTBA (Foto.Dok.KS/Aldo RGBA-FM)

“PTBA tetap komitmen, minimal 20 orang setiap tahun kita kuliahkan. Mudah-mudahan tahun 2016 nanti bisa bertambah,” ungkap Senior Manager (SM) CRP PTBA, Novian Suri saat dibincangi Hendro Aldo Irawan, Reporter RGBA FM di kantornya, Selasa (17/11/2015).

Dikatakan, program Bidiksiba ini sangat bagus, oleh karena itu manajemen PTBA terus mendukung dan akan ditingkatkan terus serta dilakukan evaluasi. Dari tahun 2010 sebanyak 4 orang masuk IPB, tahun 2011 4 orang ke IPB, tahun 2012 20 orang masuk IPB dan 1 orang PGRI, tahun 2013 ada 19 orang masuk UNSRI dan 3 orang masuk UIN, tahun 2014 17 orang masuk Polsri Palembang, dan tahun 2015 20 orang Polsri dan 5 orang Polinema Malang.

“Seluruhnya ada 93 orang, bahkan ada 3 yang sudah lulus dan sudah bekerja, 1 orang mendapat beasiswa S3. Desember hingga Januari nanti 4 orang nyusul wisuda,”imbuhnya.

Lanjut dia, mereka yang mendapatkan beasiswa Bidiksiba itu benar-benar dari keluarga kurang mampu atau pra sejahtera yang tinggal di ring 1 perusahaan. Kemudian, harapan dari perusahaan untuk para penerima manfaat program ini adalah dapat meningkatkan ekonomi keluarganya, meringankan beban orang tua, dan membantu saudara-saudaranya.

“Perusahaan tidak minta apa-apa. Yang penting anak-anak sudah selesai kuliah, bisa bekerja atau wirausaha dan mandiri. Membantu ekonomi keluarga dan kalau bisa membangun daerahnya,”pungkasnya.

TEKS / FOTO : HENDRO ALDO IRAWAN – REPORTER RGBA FM

EDITOR : IMRON SUPRIYADI




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *