Puluhan Peternak Sapi di Bukit Munggu Mendapat Pelatihan Ternak Sapi

TANJUNG ENIM, KS

Guna memberikan pengetahuan tentang bagaimana tata cara mengembangkan budidaya sapi secara modern–sekaligus sebagai wujud kepedulian dari PT.Pama Persada Nusantara, kepada masyarakat di Ring 1 PT Bukit Asam (Persero) Tbk, Management PT.Pama bekerjasama dengan Lembaga Pengembangan Bisnis (LPB) PAMA Kite Gale mengadakan kegiatan pelatihan pengembangan ternak sapi modern. Acara berlangsung  pada 28-29 Oktober 2015.

Puluhan peternak sapi di kawasan Bedeng Kresek dan Bukit Munggu ini berkumpul di Balai Posyandu RT 04 Bedeng Kresek, Kelurahan Pasar Tanjung Enim, Kecamatan Lawang Kidul, mengikuti kegiatan pelatihan pengembangan ternak sapi modern.

Suasana Pelatihan bagi Para Peternak Sapi oleh PT PAMA Persada Nusantara di Bukit Munggu Tanjung Eni. (Foto.Dok.Ks/Aldo)

Suasana Pelatihan bagi Para Peternak Sapi oleh PT PAMA Persada Nusantara di Bukit Munggu Tanjung Eni. (Foto.Dok.Ks/Aldo)

Koordinator LPB PAMA Kite Gale, Rifvo Aprianto SSTP, di jumpai Hendro Aldo Irawan, Reporter RGBA FM di sela kegiatan mengatakan bahwa kegiatan pelatihan ternak sapi ini merupakan wujud kepedulian dari PT Pama Persada kepada masyarakat di Ring 1 PT Bukit Asam (Persero) Tbk. Yang dilaksanakan oleh Lembaga Pengembangan Bisnis PAMA Kite Gale Muara Enim. Kegiatan ini diikuti sebanyak 27 warga yang sehari-hari membudidaya sapi potong.

“Kenapa kita memilih di Bedeng Kresek dan Bukit Munggu ini, karena warga di sini sebagian besar adalah peternak sapi, serta masuk Ring 1 PT Bukit Asam, itu yang menjadi sasaran kami. Tidak menutup kemungkinan nanti kegiatan ini akan diperluas di tempat lainnya juga,” ungkap Rifvo.

Selain itu, lanjut Rifvo, sangat prihatin melihat para peternak di sini masih sangat sederhana dalam membudidayakan sapi-sapinya. Ia melihat ditempat ini, kebanyakan sapi-sapi dibiarkan liar mencari makanan sendiri. Penduduk disini belum banyak mendapatkan pengetahuan tentang tata cara mengembangkan budidaya sapi secara modern atau dikandangkan.

“Karena mungkin warga disini ternak sapi masih untuk pekerjaan sampingan. Padahal kalau dikelola dengan baik, produksi sapi bisa meningkat. Nah melihat dari itu, maka penduduk disini kita latih cara budidaya sapi yang baik, supaya produksi sapi dapat meningkat, lalu mereka bisa mandiri dan sejahtera kedepan,” imbuhnya.

Untuk melaksanakan pelatihan ini, LPB menggandeng pihak-pihak terkait sebagai nara sumber. Diantaranya dari Dinas Peternakan Kabupaten Muara Enim. Antara lain Kabid Peternakan Ir Tapip Muslim, Rahmat Setiawan, Dr hewan Rendi Yoenistyawan, Sudi Hariyanto (BP4K), dan Suratman (BP4K). Dengan materi diantaranya kewirausahaan, pencegahan penyakit ternak sapi potong, perkandangan dan manajemen pemasaran, teknologi pakan ternak, dan praktek pembuatan pakan ternak sendiri.

Sementara itu, CSR Officer PT Pama Persada, Ishak Pardede, didampingi Faizal Imron, dan Hillaludin saat membuka acara pelatihan budidaya ternak sapi itu mengatakan, kegiatan ini dalam rangka memberikan wawasan dan pengetahuan berternak sapi kepada warga di lingkungan Bedeng Kresek dan Bukit Munggu, Kelurahan Pasar Tanjung Enim. Kedepannya, tidak menutup kemungkinan dapat dikembangkan program ini di tempat-tempat lainnya.

“Pada intinya kita ingin memberikan ilmu berternak sapi modern kepada warga disini. Supaya nanti produksi sapi menjadi naik, dan masyarakat bisa mandiri. Kalau dulunya warga disini membiasakan sapi diliarkan ditambang. Kedepan tidak lagi, lebih baik dibudidayakan di dalam kandang, dengan begitu sapi-sapi bisa terjaga kesehatannya, dan dapat berkembang dengan baik. Dan pada akhirnya bisa membuat masyarakat lebih mandiri dan menghasilkan pendapatan”pungkasnya.

TEKS : HENDRO ALDO IRAWAN – REPORTER RGBA FM

EDITOR : IMRON SUPRIYADI




Leave a Reply

Your e-mail address will not be published. Required fields are marked *

Web development by oktopweb.com