UMK Muara Enim 2016, Masih Dibahas, Disnakertrans : Masih Menunggu 20 Item dari Kementerian‎

MUARAENIM, KS

Upah Minimum Kabupaten (UMK) tahun 2016 masih dalam proses penggodokan. “Namun secara umum kita sudah siap, tinggal lagi menunggu beberapa item dari kementerian tenaga kerja yang rencanakan akan menambah 20 item dalam kajian standar UMK tersebut,” demikian dikatakan Drs M Ali Rachman, Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Muara Enim sesaat ditemui Hendro Aldo Irawan, Reporter RGBA FM di ruang kerjanya, Senin (19/10/2015).

Kadisnakertrans Muaraenim Drs M Ali Rahcman (Foto.Dok.KS/Aldo)

Drs M Ali Rahcman, Kadisnakertrans Kab.Muaraenim (Foto.Dok.KS/Aldo)

Ali menjelaskan, saat ini tim yang tergabung dalam Dewan Pengupahan sudah melakukan survey ke beberapa pasar induk. Diantaranya di Kecamatan Kota Muaraenim, Lawang Kidul dan Gelumbang. Tim ini menurut Ali, sudah menyimpulkan daftar kajian Kebutuhan Hidup Layak (KHL) di lapangan dimana terdapat 60 item yang dilakukan survei harga.

“Dari sana kita yang dibantu Perwakilan Serikat Pekerja, Apindo, Perguruan Tinggi, BPS melakukan pengecekan harga berbagai kebutuhan seperti sandang, Pangan,Makanan dan Minuman, Pendidikan, Rekreasi dan sebagainya termasuk dampak inflasi,” paparnya.

Labih lanjut kata Ali, saat ini pihaknya masih menunggu tambahan 20 usulan dari Kementerian Tenaga Kerja (Kemenaker) tentang KHL. namun jika usulan tersebut cepat sampai, Ali mennegaskan pihaknya akan secepatnya melakukan survey standar harga itu kembali. “Akan tetapi jika tidak sampai ke kita, maka kita sudah siap dengan kajian yang telah kita lakukan,” tambahnya.

Ali menambahkan, setelah pihaknya mendapatkan putusan tentang standarisasi Upah Minimum Kabupaten (UMK), di Kabupaten Muara Enim, maka barulah pihaknya akan membaginya dalam setiap sektor. “Ya misalnya sektor perkebunan, pertambangan, perikanan dan lainnya. Kita optimis untuk 1 Januari 2016 ini kita sudah siap dengan penetapan UMK yang baru,” pungkasnya.

TEKS/FOTO : HENDRO ALDO IRAWAN – REPORTER RGBA FM

EDITOR : IMRON SUPRIYADI




Leave a Reply

Your e-mail address will not be published. Required fields are marked *

Web development by oktopweb.com