Pawai Peringatan 1 Muharram Usai, Sampah Berserakan, “Pasukan Biru” UPTD Tanjung Enim Turun Tangan

TANJUNG ENIM, KS

Pelaksanaan karnaval atau Pawai Ta’aruf dalam tahun baru Islam 1437 H/2015 M yang berlangsung Kamis, (15/10/2015) siang sekitar pukul 13.00-16.00 WIB itu telah berjalan sukses dan lancar. Namun suksesnya kegiatan tersebut tidak lepas dari peran serta “pasukan biru” atau regu penyapu jalan yang setia membersihkan sampah bekas acara tersebut.

Di sepanjang rute perlintasan pawai yang di lalui, mulai dari lokasi garis start Lapangan Eks Sentral Lama PTBA, hingga lokasi jalan protokol di kawasan Pasar Bawah dan Pasar Baru Bantingan, tampak berserakan sampah bekas bungkus makanan ringan atau puntung rokok. Selain itu bekas minuman kaleng juga berhambur di hampir sepanjang jalan. Melihat kondisi seperti itu pasukan biru UPTD Kebersihan & Pertamanan Kecamatan Lawang Kidul,Kabupaten Muara Enim langsung turun tangan untuk menyapu sampah.

Kepala UPTD Kebersihan & Pertamanan Kecamatan Lawang Kidul, Kabupaten Muara Enim, M. Umar Toyib kepada Hendro Aldo Irwan, Reporter RGBA FM di jumpai usai kegiatan mengatakan, pihaknya memang sudah stanby sejak awal kegiatan hingga selesai.

“Ini sudah menjadi bagian tugas kita untuk membersihkannya. Dan juga kegiatan seperti ini kan hanya setahun sekali, tentu tiada lain hanya untuk semarak dan suksesnya tahun baru Islam 1437 hijriyah,”ujarnya.

Lebih lanjut kata Umar berharap kepada lapisan masyarakat yang menonton di setiap kegiatan, untuk tidak merusak ataupun menginjak tanaman kota di beberapa titik sudut kota Tanjung Enim. Umar mencontohkan yang telah terjadi pada kegiatan karnaval dan gerak jalan indah pada kegiatan Agustus beberapa waktu lalu.

Ia menambahkan, pihaknya dalam melakukan pembersihan sampah ini hampir melibatkan semua personilnya, dengan menurunkan kendaraan bak sampah roda tiga.  “Ya lebih cepat lebih bagus,setelah kegiatan selesai langsung di bersihkan agar sampah tidak tertiup angin dan beterbangan ke tempat lainnya, demi keindahan dan kebersihan kota Tanjung Enim,” pungkasnya.

TEKS / FOTO : HENDRO ALDO IRAWAN – REPORTER RGBA FM

EDITOR : IMRON SUPRIYADI




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *