Besok, Jepang Berikan Bantuan Darurat Kebakaran dan Kabut Asap di Sumsel

PALEMBANG, KS

Kebakaran Hutan yang mengakibatkan kabut asap di Sumsel tak lepas dari perhatian pemerintah Jepang. Terkait hal itu, dalam press releasenya yang dikirim kepada www.kabarsumatera.com, kemarin, Jumat (16/10/2015), Pemerintah Jepang melalui lembaga Japan International Cooperation Agency (JICA) Indonesia akan memberikan bantuan darurat.

jicaBantuan Darurat dari Pemerintah Jepang : Mengatasi Kebakaran Hutan dan Kabut Asap di Indonesia ini berdasarkan keputusan dari Pemerintah Jepang dalam menanggapi usulan dari Pemerintah Indonesia.

Melalui JICA pemerintah Jepang akan memberikan 2.000 liter busa pemadam kebakaran dan mengirim tenaga ahlinya ke Palembang, Sumatra Selatan, sejak 17-20 Oktober 2015.

Bantuan ini diberikan, mengingat kebakaran hutan yang terus menerus selama beberapa bulan ini, kabut asap skala besar yang berbahaya terjadi di sekitar pulau Sumatra dan Kalimantan serta mengganggu negara-negara tetangga. JICA memberikan bantuan darurat ini sebagai bentuk kontribusi dalam penanggulangan situasi seperti saat ini.

Adapun rincian bantuan itu, terdiri dari “Miracle Foam α+ (alpha plus)” 20 Liter x 100 Botol, Busa pemadam kebakaran yang dikembangkan oleh Morita Holdings Corporation lebih efektif dari pada air. Direncanakan “Miracle Foam α+” akan tiba di Bandara Sultan Mahmud Badarudin Palembang besok, Jumat (17/10/2015)

Selain itu,  JICA juga akan mendatangkan Tenaga Ahli (TA) Jepang dari Morita Holdings Corporation Mr. Kiyoshi Moritaka ke Palembang. TA ini akan memberikan instruksi teknis mengenai cara penggunaan busa pemadam kebakaran kepada pihak BNPB, BPBD, dan instansi pemadam kebakaran setempat.

JICA telah memberikan dukungan teknis di bidang pemadam kebakaran untuk kebakaran hutan dan kebakaran lahan gambut selama 20 tahun ini.

Bantuan darurat dari Jepang kali ini akan berkontribusi untuk kegiatan pemadam kebakaran yang saat ini sedang dilakukan oleh pihak Pemerintah Indonesia.

Direncanakan acara serah terima bantuan akan dilakukan oleh Kepala BNPB dan Kepala Kantor Perwakilan JICA Indonesia besok, Sabtu (17/10/2015) pagi hari, setelah pengiriman tahap pertama di Palembang.

 TEKS : PRESS RELEASE JICA Indonesia

EDITOR : IMRON SUPRIYADI 

 

Catatan : Informasi lebih lanjut dan permintaan wawancara JICA Indonesia: – Bpk. ISHIGAKI Shigeki, Representative | Telepon: +62-811-8032-469 – Bpk. Iman Seno Adji, Program Officer | Telepon: +62-811-884-389




Leave a Reply

Your e-mail address will not be published. Required fields are marked *

Web development by oktopweb.com