Terkait Kasus Penggelapan Raskin 10 Ton, Kades Sukamanis Tanah Abang Ditahan

MUARAENIM, KS

Setelah menjalani penyelidikan yang cukup panjang, akhirnya Kades Sukamanis Ayatul Qodri (40), ditahan. Pasalnya, kepala desa ini diduga menggelapkan beras miskin (raskin) untuk masyarakat Desa Sukamanis, Kecamatan Tanah Abang, Kabupaten PALI, Selasa (13/10/2015).

Berdasarkan informasi yang berhasil himpun RGBA FM di lapangan, penangkapan Ayatul Qodri Kades Sukamanis, Kecamatan Tanah Abang, Kabupaten PALI tersebut, karena pemeriksaan terhadapnya tentang dugaan penggelapan raskin sekitar 10 ton, sudah P 21. Atas dasar itu, Polres Muara Enim melalui Kanit Pitkor Ipda Robi, Kanit Pidsus Ipda Alfian dan di backup Kanit Pidum Ipda Heri Eriawan, melakukan penangkapan di rumahnya tanpa perlawanan.

Menurut Wakil Ketua BPD Desa Sukamanis Hendi Lala, Isantri, Masroni, Iwan Subtorot, M Kowi dan Herianto, bahwa pihaknya meminta kepada pihak berwajib benar-benar menangani kasus penggelapan raskin ini. Sebab pihaknya sudah mengadukan kasus ini sejak November tahun 2014. Namun sepertinya tersendat-sendat hingga hampir satu tahun.

“Ya kami mengucapkan terimakasih atas penangkapan kades tersebut, sebab sudah meresahkan dan arogan terhadap warga,” ujar Hendi yang juga tokoh masyarakat setempat.

Kepada Hendro Aldo Irawan, Reporter RGBA FM Kapolres Muara Enim AKBP Nuryanto didampingi Kabag Ops Kompol Andi Kumara dan Kasubag Humas Iptu Arsyad Agus, menjelaskan, beberapa waktu lalu pihaknya belum bisa melakukan penahanan. Sebab pihaknya menilai pelaku diduga tidak akan mengulangi perbuatannya dan tidak akan menghilangkan barang bukti, serta tidak akan melarikan diri.

Selain itu menurut Kapolres, perkara yang ditangani sangat banyak, sedangkan personil terbatas. Apalagi jika perkara-perkara yang ditangani agak rumit yang melibatkan beberapa instansi sehingga harus berkoordinasi terlebih dahulu. “Jadi tidak ada yang penyidikannya di ulur-ulur, apalagi kebal hukum. Semuanya kita periksa sesuai peraturan dan prosedur yang berlaku,” ujar Kapolres.

TEKS / FOTO : HENDRO ALDO IRAWAN – REPORTER RGBA FM

EDITOR : IMRON SUPRIYADI




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *