Ada Bidan Mengabdi 9 Tahun di Empat Lawang, Apakah Bidan PTT Bakal Diangkat Jadi CPNS?

EMPAT LAWANG, KS

Rencana pengangkatan bidan Pegawai Tidak Tetap (PTT) menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) disambut gembira oleh para bidan PTT pusat dan daerah di Empat Lawang.

Sejauh ini, 29 bidan PTT pusat yang mengabdi di Bumi Saling Keruani Sangi Kerawati, mulai melengkapi berkas untuk diajukan ke pemerintah pusat melalui kementrian kesehatan (Kemenkes).  “Masih siapin berkas, belum lama ini dihubungi IBI untuk pengiriman nama dan NRPTT ke pusat. Ya kami sangat berharap sekali diangkat jadi CPNS,” ungkap Irma Destaria, bidan PTT pusat bertugas di Kecamatan Tebing Tinggi, kemarin (11/10/2015).

Kata Irma, dirinya mulai mengabdi sebagai bidan PTT sejak 2006 lalu. Selain itu, ada 28 bidan PTT pusat di Empat Lawang yang sudah mengabdi dua kali perpanjangan SK atau sekitar 6 tahun, bahkan ada beberapa bidan sudah mengabdi hampir 9 tahun sama seperti dirinya. Disisi lain, informasi menyebut, syarat pengangkatan bidan PTT pusat jika sudah dua kali melakukan perpanjangan SK.

Mewakili teman-temannya, Irma berharap besar kepada Dinas Kesehatan (Dinkes) dan Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Empat Lawang, agar membantu para bidan PTT dalam pemberkasan dan mencari infromasi terkait pengangkatan. “Kami sudah sering pertemuan, forum bidan PTT pusat Empat Lawang berharap betul dukungan semua instansi terkait agar proses pengangkatan nantinya bisa terealisasi,” harap Irma.

Sementara itu, ketua IBI Empat Lawang, Eka Sosiowati mengakui, rencana pengangkatan bidan PTT, menjadi CPNS memberi angin segar bagi bidan PTT di Empat Lawang. Peluang ini tak hanya dirasakan para bidan PTT dibiayai APBN, bahkan bidan daerah pun berpeluang diangkat.

Sejauh ini kata Eka, pihaknya tengah mempersiapkan data bidan PTT Empat Lawang yang akan diajukan pengangkatan. “Ada informasi kita diminta mengirim email data bidan PTT di Empat Lawang, nama dan nomor tugasnya sudah kita rekap keseluruhan,” ungkap Eka.

Tak hanya pengiriman data melalui email, IBI kata Eka, akan membawa data bidan PTT Empat Lawang ke Jakarta dalam waktu dekat. Tercatat saat ini ada 29 bidan PTT dibiayai pusat atau APBN dan 46 bidan daerah dibiayai APBD Empat Lawang.

Sebagian besar, bidan PTT sudah mengabdi lebih dari enam tahun, bahkan ada salah satu bidan PTT pusat sudah mengabdi diatas sembilan tahun. Dan sesuai hasil pertemuan dengan Menteri Kesehatan (Menkes) masa tugasnya boleh diperpanjang lagi. Sedangkan bidan PTT sudah melakukan perpanjangan kontrak ke tiga ada sekitar enam orang diatas enam tahun tugas.

Sementara itu, untuk bidan PTT daerah, dilakukan perpanjangan kontrak per satu tahun, sesuai penilaian kinerja dan kemampuan daerah. Data saat ini, imbuh Eka, total bidan di Empat Lawang tercatat 272 orang, terdiri dari Bidan PTT pusat dan daerah, Bidan Praktek Mandiri Murni, Bidan TKS serta bidan PNS. “PTT daerah juga akan kita perjuangkan, ini demi memaksimalkan pelayanan kesehatan di masyarakat. Sebab, para bidan membutuhkan kesejahteraan,” imbuh Eka berharap, seluruh bidan di Empat Lawang diangkat menjadi PNS.

TEKS / FOTO : SAUKANI

EDITOR : IMRON SUPRIYADI




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *