Satu Bulan Masa Sanggahan Calon Kades, 22 Desember Dilantik Serentak‎

TANJUNG ENIM, KS

Pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) di sejumlah desa serentak di wilayah Kabupaten Muara Enim, Sumatera Selatan, Senin lalu (28/9/2015)  berlangsung lancar tanpa hambatan.  Bahkan diakui, hingga satu pekan ini tidak ada sanggahan dari pihak manapun.

Kabid Administrasi dan Pemerintahan Desa BPMPD Muara Enim, Mei Fajarharyadi.

Kabid Administasi dan Pemerintahan Desa, Mei Fajarihadi

Namun demikian, Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat Pemerintahan Desa (BPMPD) Muara Enim, Drs.H.Fajeri Erham MM melalui Kabid Administasi dan Pemerintahan Desa, Mei Fajarihadi, mengatakan hingga satu bulan ke depan diberikan waktu sanggahan kepada para calkades yang merasa keberatan dari hasil yang ditetapkan.

“Tidak ada intrupsi dari seluruh Calon Kepala Desa (Calkades) di 86 desa yang melaksanakan Pilkades. Dan terhitung sejak kemarin (29/9/2015) hingga satu bulan kedepan diberikan waktu sanggahan kepada para Calkades yang merasa keberatan dari hasil yang ditetapkan,” ujarnya, Rabu (30/9/2015).

Menurutnya dalam waktu sebulan inilah bagi kontestan Pilkades yang keberatan terhadap temuan masalah di lapangan dapat melakukan sanggahan atas hasil Pilkades pekan silam. Hal ini mengacu pada Peraturan Bupati (Perbup) nomor 39 tahun 2015 tentang tata cara Pilkades dalam kepala desa di wilayah Kabupaten Muara Enim.

“Misal ada sanggahan, bisa diselesaikan pada tingkat desa melibatkan panitia Pilkades, Kades dan BPD. Bila tidak selesai ditingkat desa, dibahas bersama camat di tingkat kecamatan, seterusnya jika tidak selesai juga di tingkat kabupaten. Bila masih belum selesai juga, penggugat bisa membawa masalah ke ranah pengadilan tata usaha negara atau PTUN,” terangnya.

Menurutnya, bila selama satu bulan tidak ada sanggahan penetapan pemenang Pilkades akan langsung diterbitkan Surat Keputusan (SK) Bupati. Namun sifatnya bukan kolektif, bila salah satu desa peserta Pilkades sudah tidak ada sanggahan, langsung dilaporkan ke Bupati untuk dibuat SK.

“Rencananya pelantikan Kades terpilih dilakukan serentak pada 22 Desember 2015. Untuk lokasi pelantikan masih tentatif. Rencananya di halaman kantor Pemkab Muara Enim bisa juga di Plaza GOR Pancasila,” ungkapnya.

Seperti diinformasikan sebelumnya, dari 87 desa yang melaksanakan Pilkades ada 1 desa yang tidak dapat menggelar Pilkades, yaituDesa Sumber Asri Kecamatan Lubai Ulu. Pasalnya, di desa itu hanya diikuti satu peserta sehingga berdasarkan aturan hukum dinyatakan tidak berkekuatan hukum.

“Dari 86 desa yang menyelenggarakan Pilkades, sejauh ini 80 persen mata pilih di setiap desa menyalurkan aspirasinya. Namun, yang baru direkap para pemenangnya saja. Untuk jumlah keseluruhan jumlah pemilih yang sah belum direkap,” sebutnya.

TEKS : HENDRO ALDO IRAWAN – REPORTER RGBA FM

EDITOR : IMRON SUPRIYADI




Leave a Reply

Your e-mail address will not be published. Required fields are marked *

Web development by oktopweb.com