Wabup Empat Lawang Prihatin, SKPD Tak Disiplin

EMPAT LAWANG, KS

Wakil Bupati Empat Lawang, H Syahril Hanafiah mengaku prihatin terkait kedisiplinan SKPD di Empat Lawang. Betapa tidak, Senin (28/9/2015) pagi Syahril menyusuri sendiri komplek perkantoran Pemkab Empat Lawang. Alhasil, sebagian besar SKPD tak menjalani tugas apel sesuai dengan waktu yang ditentukan.

Bahkan ada beberapa SKPD yang sama sekali tidak apel pagi. “Sangat memprihatinkan kondisi kedisiplinan SKPD di Empat Lawang,”kata H Syahril di ruangan kerjanya, Senin (28/9/2015).

Dijelaskannya, sesuai dengan aturan pemerintah bahwa setiap instansi, dinas, badan, kantor Pemkab Empat Lawang melakukan apel pagi itu pada pukul 07.30 WIB. Namun yang dilakukan SKPD di Empat Lawang terkhusus di area belakang kantor Pemkab Empat Lawang sebagian melaksanakannya pada pukul 08.00 wib. Bahkan ironinya ada juga SKPD yang sama sekali tidak melakukan apel pagi yakni PU CK, Inspektorat, BPKAD, BPMPT.

Wabup Empat Lawang - Syahril Hanafiah

Wabup Empat Lawang – Syahril Hanafiah (Foto.Dok.rmol)

“Yang lebih parah itu Inspektorat, semestinya SKPD ini memberikan teladan yang baik terhadap instansi lain. Karena bagaimana hendak memeriksa kedisiplinan pegawai, sementara SDM yang ada di Inspektorat juga tidak melaksanakan tugas apel,”cetus Syahril.

Kemudian, terang Syahril, ada SKPD yang menggelar apel pagi pada pukul 08.00 WIB. Diantaranya Bappeda dan Badan KB. Pun juga ada apel pagi namun hanya dengan 4 orang yakni Dinas Kesehatan. “Ini masih mendingan karena sudah apel pagi meskipun pukul 08.00 wib yang semestinya 07.30 wib,” tambahnya,

Namun, pihaknya memberikan apresiasi positif terhadap SKPD yang melaksanakan apel pagi sesuai dengan aturan yang ditetapkan. Yakni Dinas Pendidikan, Dukcapil, PU BM, Dispora, Kesbangpol, BLHD, Dinsos, Dispenda.

“Yang sudah jalani apel pagi sesuai dengan aturan, mesti dipertahankan. Ini mesti dijadikan teladan,”ulasnya.

Lebih jauh Syahril menegaskan, akan melayangkan surat teguran kepada SKPD yang membangkang untuk pelaksanaan apel pagi. Baik itu yang tidak melaksanakan apel pagi, maupun yang apel tidak sesuai dengan aturan waktu.

“Meskipun tidak ada kepala SKPD misalnya, ya apel pagi tetap harus dilaksanakan. Justru manajemen kantor harus tetap berjalan. Karena kapan lagi memiliki kesadaran bertanggung jawab untuk melaksanakan pengabdian kepada negara,” tukasnya.

TEKS : SAUKANI

EDITOR : IMRON SUPRIYADI

 




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *