Dinas PU BM Empat Lawang Ancam Portal Jalan Lingkar

EMPAT LAWANG, KS

Pemerintah kabupaten Empat Lawang melalui Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga (PU BM) Empat Lawang menuding, kerusakan jalan lingkar kota Tebing Tinggi akibat banyaknya kendaraan besar melintas melebihi batas ketentuan tonase.

Akibatnya, meskipun baru dibangun akses lingkar kota dari simpang tiga poros Tebing Tinggi menuju simpang Talang Gunung sudah rusak.

thumb_image_50_jalan rusakDinas PU BM mengancam, akan memasang portal di jalan lingkar kota Tebing Tinggi, jika masih dilintasi kendaraan bertonase besar. Demikian disampaikan Kepala dinas PU BM Empat Lawang, H Fauzi melalui sekretatis Yusron, Senin (21/9/2015).

‪Yusron menjelaskan, jalan lingkar bukanlah jalan nasional ataupun jalinsumteng, tonase kendaraan melintasinya pun ada batasan tertentu karena ketebalan dan kekuataan jalan masih rendah dan hanya bisa dilalui kendaraan bertonase rendah.”Jelas rusak, jalannya tak mampu menahan beban melebihi tonase,” jelasnya.

‪Kerusakan jalan, Yusron menduga akibat ulah sopir kendaraan yang mengangkut hasil tambang material galian C, dengan muatannya berat, basah serta berjalan beriringan sehingga kekuatan jalan tidak seimbang, cepat rusak dan berlobang,”Kalau begini, kami akan portal jalannya,”tegasnya.

‪Atas kejadian ini, kata Yusron pihaknya dalam waktu dekat melaporkan ke bupati Empat Lawang, sehingga cepat diambil tidak dan tidak merugikan pembangunan kabupaten empat lawang, pasalnya tidak sedikit dana yang sudah di kucurkan dalam membangun jalan lingkar sehingga masyarakat dapat merasakan betul manfaat hasilnpembangunan bukan hanya sebentar akibat jalan rusak dilalui galian C tadi.

Selian itu, lanjutnya kepada rekanan pihaknya sengaja menundah serah terima agar pembangunan masih menjadi tanggung jawan rekanan apalagi soal pemeliharaan jalan lingkar itu sendiri, sampai sekarang masih tanggung jawab pihak ketiga atau rekanan.”Ini lah salah satu usaha kita, jika sudah serah terima dana mana lagi yang akan di gunakan melakukan perbaikan jalan yang sudah rusak tadi,”tukasnya.

TEKS : SAUKANI

EDITOR : IMRON SUPRIYADI




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *