Pasien Positif HIV AIDS, Dinkes Empat Lawang Sweeping Balita

EMPAT LAWANG, KS

Satu orang pasien positif tertular HIV AIDS terdata di Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Empat Lawang. Namun, pasien tersebut telah meninggal dunia pada minggu lalu. Hal ini diungkapkan Kepala Dinkes Kabupaten Empat Lawang, M Taufik melalui Kepala Bidang (Kabid) Pengendalian Masalah Kesehatan, M Junaidi, Senin (21/9/2015).

“Hingga saat ini, tercatat satu orang dinyatakan positif tertular HIV AIDS, namun dia ini bukanlah warga Empat Lawang, tapi dari Provinsi Lampung. Ini diketahui setelah berobat ke RSUD Tebing Tinggi,” ungkap M Junaidi.

Berdasarkan hasil pemeriksaan di RSUD Tebing Tinggi dan pemeriksaan pembanding di Rumah Sakit (RS) di Kota Lubuk Linggau, yang bersangkutan dinyatakan positif terkena penyakit menular seksual (PMS) HIV/AIDS.

“Pasien tersebut baru minggu lalu meninggal, karena kondisi fisiknya sudah sangat lemah dan dia pun ke sini ikut keluarga dekat karena tidak ada yang merawatnya di Lampung, sementara suami dan anak-anaknya sudah duluan meninggal di Lampung, diduga tertular penyakit yang sama,” terangnya.

Dikatakan Junaidi, sebagai daerah yang dilintasi oleh jalur lintas sumatera, Kabupaten Empat Lawang tentunya sangat mewaspadai segala jenis penyakit menular termasuk PMS, oleh sebab itu pihaknya selalu mensosialisasikan pencegahan terhadap penyakit menular termasuk HIV AIDS.

“Saat ini kita mendatangi sekolah-sekolah, untuk mensosialisasikan pencegahan penyakit AIDS, sebab sama-sama kita ketahui penularan penyakit ini tidak hanya melalui hubungan seksual, namun bisa dari jarum suntik atau pisau cukur,” jelasnya.

Untuk tahun ini Dinkes telah mendatangi sekolah-sekolah di Kecamatan Ulu Musi, Lintang Kanan dan Kecamatan Paiker. “Setiap kita mendatangi sekolah-sekolah, kita beri pemahaman kepada para siswa agar menjauhi narkoba dan sek bebas. Sebab berdasarkan data, yang paling banyak penyebaran HIV AIDS ini ada dikalangan pengguna Narkoba,” imbuhnya.

Tidak hanya masalah HIV/AIDS yang menjadi perhatian pihaknya, saat ini Dinkes sedang gencar-gencarnya melakukan sweeping (razia) terkadap anak-anak Balita yang belum lengkap imunisasi. Jika diketemukan ada balita yang belum lengkap imunisasinya, kita akan dilengkapi.

“Kita juga saat ini sedang gencar-gencarnya melakukan sweeping anak-anak yang belum lengkap imunisasi di Posyandu. Sebab imunisasi yang lengkap dapat mencegah anak-anak balita terhindar dari penyakit yang berbahaya,”imbuhnya.

TEKS  : SAUKANI

EDITOR : IMRON SUPRIYADI

 




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *