Kebakaran Bekas Galian Tambang di Tanjung Enim, Mati Satu Tumbuh Seribu

TANJUNG ENIM, KS

Upaya penanggulangan kebakaran di bekas galian tambang rakyat ilegal di Dusun 1 Simpang Karso Desa Darmo, Kecamatan Lawang Kidul, Kabupaten Muara Enim, Sumatera Selatan, masih berlanjut.

Sebab, hingga hari ini, Senin (21/9/2015) baru 13 titik lobang yang terbakar berhasil dipadamkan Tim Pemadam Kebakaran (Damkar)  PT.Bukit Asam (Persero) Tbk Tanjung Enim.

Namun lagi-lagi “mati satu tumbuh seribu” satu lobang ditutup, lobang lain terbakar kembali. Hal itu dibenarkan Iin Sofian, Koordinator SAR PT.Bukit Asam (Persero) Tbk ketika di jumpai Hendro Aldo Irawan, Reporter RGBA FM di sela penanggulangan kebakaran, Senin (21/9/2015).

Iin Sofian yang juga Asisten, Manager (Asmen) Penanggulangan Kecelakaan dan Kebakaran (PK&K) PTBA menjelaskan, sejauh ini timnya sudah berhasil melakukan penanggulangan di 13 titik lobang api, namun kemarin, Minggu (20/9/2015), keluar lagi titik lobang api yang baru.

 Iin Sofian Asisten Manager (Asmen) Penanggulangan Kecelakaan dan Kebakaran (PK&K) ketika di menunjukkan lokasi titik lobang bekas tambang rakyat yang terbakar, Senin (21/9/2015). (Foto. Dok.KS/Aldo RGBA FM)

Iin Sofian Asisten Manager (Asmen) PTBA yang juga Koordinator Tim Penanggulangan Kecelakaan dan Kebakaran (PK&K) ketika di menunjukkan lokasi titik lobang bekas tambang rakyat yang terbakar, Senin (21/9/2015). (Foto. Dok.KS/Aldo RGBA FM)

Namun demikian In menegaskan, pihaknya tetap akan terus berupaya melakukan pemadaman, meskipun ada lobang baru yang terbakar. “Kita tetap semangat meski keluar lagi 1 lobang yang baru. Dan hari pagi tadi, Senin (21/9/2015) ternyata dari 2 lubang pertama yang dulu sudah di tanggulangi, sekarang kembali menyala,”ujar Iin.

Iin mengaku, di musim kemarau ini, dalam satu hari pihaknya mendapat 5 sampai 6 laporan yang meminta bantuan pemadaman kebakaran. Iin mencontohkan, seperti pada saat timnya sedang fokus melakukan penanggulangan api di bekas tambang rakyat.  Timnya harus mondar-mandir melakukan penanggulangan kebakaran di lokasi lain, karena di hari yang sama, terjadi juga kebakaran lahan belukar di Desa Tegal Rejo RT.14 Lawang Kidul Kabupaten Muaraenim.

Bahkan tim-nya pindah lagi ke daerah Talang Jawa, kemudian BTN Air Paku dan lainnya lokasi lainnya. Guna penanggulangan kebakaran itu, PTBA menerjunkan semua personil dari Damkar dan Rescue PTBA. Selain itu turut membantu Tim Damkar PT.Pama dan dari Pemkab Muara Enim.

Iin mengimbau kepada warga ketika menemukan sumber api. Menurutnya  hal pertama yang harus di lakukan, sembari menunggu bantuan Damkar sampai, warga harus dengan melakukan penanggulangan sendiri. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi kemungkinann terjadinya api yang terus merembe6t ke lokasi lainnya.**

TEKS / FOTO : HENDRO ALDO IRAWAN

EDITOR : IMRON SUPRIYADI

 

 

 




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *