Niat Hati Mencari Bola Golf, Malah Tenggelam Diduga Karena Epilepsi

TANJUNG ENIM, KS

Niat hati ingin mencari bola golf yang masuk balong (kolam) di lapangan Golf Town Site PTBA, tetapi Rudianto bin Ujang Sardi (15), warga Bukit Munggu RT 03 RW 05 Tanjung Enim, Kabupaten Muara Enim justru tewas tenggelam.

Diduga ia nekat masuk ke kolam untuk berenang sambil mencari bola golf yang masuk ke kolam. Peristiwa tenggelamnya bocah yang masih berstatus pelajar itu terjadi, Minggu (20/9/2015) sekitar pukul 12.00 WIB.

Korban Rudianto saat disemayamkan di rumah duka sebelum dikebumikan. (Foto.Dok.KS/Aldo RGBA FM)

Korban Rudianto saat disemayamkan di rumah duka sebelum dikebumikan. (Foto.Dok.KS/Aldo RGBA FM)

Mendapat laporan ituk, anggota Polsek Lawang Kidul bersama Tim SAR PTBA dan warga berusaha mencari korban. Jasad korban baru ditemukan pukul 13.30 WIB. Setelah dilakukan visum di Rumah Sakit PTBA, jenazah kemudian dibawa ke rumah duka untuk dikebumikan di TPU Bangko Barat Tanjung Enim.

Kepada Hendro Aldo Irawan, Reporter RGBA FM, Sardianto (29) kakak korban mengungkapkan, awalnya korban berangkat dari rumah pada Hari Minggu sekitar pukul 09.00 WIB.

Waktu itu korban berpamitan pada orang tuanya untuk mencari bola di Lapangan Golf milik PT Bukit Asam (Persero) Tbk yang lokasinya tidak jauh dari rumahnya. Ia tidak sendiri, tetapi bersama beberapa teman sebayanya.

“Memang adik saya ini sudah biasa ke situ (balong), untuk mencari bola golf bersama teman-temannya. Biasanya bola itu dijual,” kata Sardi didampingi Istrinya Nurhasanah.

Sardianto mengatakan, korban mempunyai riwayat penyakit epilepsi (ayan). Sehingga dirinya menduga bahwa adiknya tewas tenggelam itu dikarenakan penyakitnya kambuh. “Memang adik saya itu punya penyakit epilepsi juga,” imbuhnya.

Sementara itu, hasil penyidikan sementara yang dilakukan Kapolres Muara Enim, AKBP Nuryanto, S.IK, melalui Kapolsek Lawang Kidul AKP Herli Setiawan SH mengatakan, awalnya pukul 06.30 WIB korban bersama 6 temannya mendatangi kolam di Lapangan Golf milik PT Bukit Asam. Korban sempat mencari bola golf di lapangan. Korban kemudian mencari bola golf yang jatuh ke dalam kolam, hingga ia memutuskan untuk masuk ke dalam kolam tersebut.

“Diduga korban tewas saat mencari bola di dalam kolam sambil mandi berenang di dalam dikolam,” ujar Kapolsek kepada reporter RGBA FM.

Kolam Tempat Korban Tenggelam (Foto. Dok.KS/Aldo RGBA FM)

Kolam PTBA Tanjung Enim, lokasi Korban Tenggelam saat mencari bola golf (Foto. Dok.KS/Aldo RGBA FM)

Dijelaskan Herli, awalnya korban dengan teman-temanya sempat berpencar di TKP. Lanjutnya, usai mandi itu kawan-kawan korban sempat mencari korban dikarenakan korban terpisah. Namun teman-temannya hanya menemukan pakaian korban yang masih utuh. Laluteman-teman  korban memastikan dan melaporkan kejadian ini kepada pihak keluarga korban.

“Setelah mendapatkan laporan warga, anggota Polsek bergerak ke lokasi kejadian untuk mencari korban bersama warga. Kemudian korban ini dapat ditemukan setelah 1,5 jam pencarian,”jelasnya.
Atas kejadian ini, hasil penyidikan sementara tidak ada tanda-tanda kekerasan fisik. Diduga korban tewas tenggelam karena tidak dapat berenang dan karena ada masalah penyakit yang diderita.

TEKS : HENDRO ALDO IRAWAN – REPORTER RGBA FM

EDITOR : IMRON SUPRIYADI




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *