Belukar Desa Keban Agung Terbakar Posko Kebakaran Kosong

TANJUNG ENIM, KS

Tiada hari tanpa kebakaran lahan dan hutan. Mungkin inilah realitas yang terjadi saat ini khususnya di wilayah kecamatan Lawang Kidul,Tanjung Enim dan sekitarnya. Kemarin,

Sabtu (19/9/2015), giliran lahan belukar di kawasan dekat SMA Negeri 1 Lawang Kidul di Desa Keban Agung,Kecamatan Lawang Kidul, Kabupaten Muara Enim yang terbakar.

Setidaknya ada puluhan hektar di sepanjang lahan belukar milik warga itu terbakar. Mulai dari belakang SMA Negeri 1 Laki hingga samping dekat komplek perkantoran Kecamatan Lawang Kidul.

Tampak warga mencoba memadamkan api di lokasi kebakaran - kawasan SMAN I Lawang Kidul dengan perangkay seadanya (Foto : Dok.KS/Aldo-RGBA)

Tampak warga mencoba memadamkan api di lokasi kebakaran – kawasan SMAN I Lawang Kidul dengan perangkay seadanya (Foto : Dok.KS/Aldo-RGBA)

Menurut Bambang Wakil Kepala (Waka) Humas SMA Negeri 1 Lawang Kidul yang di jumpai reporter RGBA FM di lokasi lahan belukar yang terbakar menjelaskan, kejadian kebakaran di ketahui sekitar pukul 12.00 WIB. Saat itu ada salah satu siswanya yang melihat sumber api yang menyala. Kali itu api tengah melahap lahan belukar dari belakang hutan yang lokasinya di belakang sekolah.

“Ya kejadiannya lebih kurang diketahui pukul 12.00 WIB, pak. Bermula dari lokasi belakang sekolah hingga api sampai di samping sekolahan yang hanya dipisahkan jalan lama yang sudah rusak,” ujarnya.

Bambang menambahkan, setelah mendapatkan laporan tersebut, Bambang dibantu penjaga sekolah dan masyarakat langsung menghalau api yang terus berkobar. Kali itu mereka hanya menggunakan alat seadanya, seperti ember dan benda-benda yang dirasa dapat memedamkan api. Sementara sumur sebagai sumber air untuk pemadaman berada di samping gedung sekolah. “Kami reflek aja, pak. Bantuan belum sampai, jadi kami melakukan apa yang bisa kami lakukan hingga sore pukul 15.45 WIB,” pungkasnya.

POSKO KOSONG 

Di tengah kobaran api yang terus menlajar, Posko Gabungan Darurat Bencana Asap Akibat Kebakaran Hutan dan Lahan Kecamatan Lawang Kidul, kosong melompong. Padahal letak posko itu tidak jauh berada di area Kantor Kecamatan Lawang Kidul, Kabupaten Muaraenim.

Posko yang belum sampai seminggu di bentuk Kecamatan ini, saat kejadian kebakaran justeru tidak ada satu pun petugas piket yang berada di Posko.

“sangat di sayangkan ketika ada kebakaran, tapi di posko tak ada orang sama sekali. Kami jadi bingung mau melapor kemana untuk menghubungi pihak kebakaran,” ujar Dayat warga sekitar, sembari ikut memadamkan api dengan menggunakan ember seadanya.

Dayat tergerak ikut membantu memadamkan api, mengingat ketika terjadinya kebakaran suasana di lokasi sangat sepi. Hanya dirinya dan seorang guru, serta penjaga sekolah.

“Kebakaran ini sudah mulai sejak jam 12.00 WIB hingga menjelang pukul 15.45. WIB. Saya juga lihat tidak lama ada salah satu staf kecamatan yang datang dan ikut membantu,” tegasnya.

DAMKAR LAMBAT DATANG

Berdasarkan pantauan langsung Reporter RGBA FM di lokasi, api membakar hampir keseluruhan lahan belukar yang letaknya berada di tepi jalan sebelah kanan (seberang,red) Sekolah SMA Negeri Lawang Kidul.

Salah satu Mobil Damkar sedang melakukan pemadaman di lokasi, Desa Keban Agung Kec. Lawang Kidul (Foto.Dok.KS/Aldo RGBA FM)

Salah satu Mobil Damkar sedang melakukan pemadaman di lokasi, Desa Keban Agung Kec. Lawang Kidul (Foto.Dok.KS/Aldo RGBA FM)

Kilatan api hampir membakar jaringan kabel listrik PLN yang menggantung di tiang sepanjang jalan rusak tersebut. Sekitar pukul 15.45 WIB tim Damkar milik PTBA baru datang ke lokasi dengan 1 unit  mobil Damkar dan langsung melakukan penanggulangan kebakaran hingga api di beberapa titik berhasil di padamkan. Tidak lama menyusul tim Damkar PT. Pama beserta 2 unit mobil tangki suplay air menuju ke lokasi kebakaran untuk membantu penanggulan kebakaran yang tengah terjadi.

TEKS : HENDRO ALDO IRAWAN – REPORTER RGBA FM

EDITOR : IMRON SUPRIYADI




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *