Marak Kebakaran, Lawang Kidul Buka Posko 24 Jam

TANJUNG ENIM, KS

Maraknya bencana asap akibat kebakaran hutan dan lahan yang terjadi di berbagai wilayah di provinsi Sumatera Selatan (Sumsel), khususnya di Kabupaten Muara Enim, membuat berbagai pihak melakukan antisipasi terhadap kejadian tersebut. Tidak kecuali Kecamatan Lawang Kidul, Kabupaten Muara Enim.

Camat Lawang Kidul, Drs.Asarli Manuddin M.Si di hubungi melalui ponselnya, menjelaskan, dibentuknya posko gabungan ini untuk menindaklanjuti telex Bupati Muara Enim yang di terima pihak kecamatan. “Isi telex itu  intinya di setiap kecamatan harus membuka posko gabungan penanggulangan kebakaran hutan dan lahan,” jawabnya singkat.

Kepada Hendro Aldo Irawan, Reporter RGBA FM, Kamis (17/9/2015) Rafika Sari (31) Staf Kecamatan Lawang Kidul di dampingi Andrayani Olivia (37) anggota Satpol PP Kecamatan yang bertugas siang di Posko Gabungan Darurat Bencana Asap Akibat Kebakaran Hutan dan Lahan Kecamatan Lawang Kidul menjelaskan, ia bertugas di posko sudah dua hari ini. Tugas pokoknya menerima dan mendata laporan dari masyarakat bila terjadi kejadian kebakaran, baik itu rumah, lahan ataupun hutan belukar.

“Ya pak, kami kebagian piket di pos dari pagi pukul 07.30 sampai 18.00 WIB. Kemudian dari pukul 18.00 sampai 07.00 WIB. Itu yang bertugas laki-lakinya, terdiri dari gabungan lintas instansi antara lain, UPTD dan dinas instansi, lurah, kades, polsek dan koramil,” Jelas Rafika yang juga di aminin Andrayani.

Ketika di tanya sudah ada laporan dari masyarakat sejak dua hari pos gabungan dibuka? Rafika mengatakan, hingga hari Kamis (17/9/2015) belum ada laporan dari masyarakat. “Hingga hari ke dua belum ada,” ujarnya sembari memperlihatkan agenda buku laporannya.

TEKS / FOTO : HENDRO ALDO IRAWAN

EDITOR : IMRON SUPRIYADI




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *