Rencana Relokasi Resahkan Warga Bukit Munggu, PTBA Masih Bungkam

TANJUNG ENIM,  KS

Suaranya lantang. Tak tergambar ada rasa takut yang menyemburat di wajah Rahmawati. Warga Bukit Munggu Kecamatan Lawang Kidul Kabupaten Muaraenim itu tetap bersuara mewakili warga. Kali itu Rahmawati menyampaikan kegelisahannya atas berita tentang rencana relokasi temat tinggalnya di lingkungan Bukit Munggu Kelurahan Pasar Tanjung Enim oleh PTBA Tanjung Enim.

“Masalah relokasi warga Bukit Munggu ini, kami belum mendapat informasi langsung dari pihak PTBA. Kami meminta kepada anggota DPRD bisa meninjau masyarakat di Bukit Munggu. Apalagi sekarang ini sudah sangat dekat dengan Tambang PTBA,” ungkapnya di hadapan sejumlah Anggota DPRD Kabupaten Muaraenim Dapil V, pekan silam.

Rencana relokasi yang santer terdengar, kontan saja membuat resah warga. Sementara  PTBA hingga sekarang belum melakukan sosialisasi kepada warga yang akan terdampak relokasi. “Nah, hal ini membuat warga terutama yang bermukim di Bedeng Kresek RT04/05 resah dan meminta kepada pihak perusahaan untuk segera duduk bersama terkait hal ini,” tegas Rahmawati.

Sampai pekan ini, kabar tentang rencana relokasi ini masih simpang siur. Bahkan pemerintah di tingkat RT sekalipun, hanya mendegar samar.  “Informasinya memang begitu. Katanya kita mau digusur. Bahkan PTBA mau ganti untung. Tetapi sampai sekarang belum ada informasi langsung dari pihak PTBA ke warga di sini,” kata Juri Hartono Ketua RT04/05 kepada Hendro Aldo Irawan Reporter RGBA FM, pekan silam Senin (7/9/2015).

Namun demikian, kabar yang sudah terdengar warga sejak beberapa pekan ini, juga telah telah disampaikan Camat Lawang Kidul, Drs Asarli Manudin M.Si, pada saat reses anggota DPRD Kabupaten Muara Enim Dapil V di Balai Kantor Camat Lawang Kidul, Jumat (4/9/2015). Namun sejak itu, hingga sekaran belum ada konfirmasi yang jelas dari PTBA tentang kebenaran itu.

“Rencana dari PTBA mau merelokasi pemukiman warga di Bukit Munggu, dari Bedeng Kresek dan sekitarnya. Pihak PTBA telah berkoordinasi dengan Pemkab dan Camat. Awalnya yang akan direlokasi perumahan PTBA, tetapi perumahan itu rencana akan menjadi wisma atlit poprov nanti. Kemudian pemukiman Bedeng Kresek Bukit Munggu didahulukan,”kata Camat saat itu.

Anggota DPRD yang hadir dalam kegiatan reses kali berjumlah 9 orang. Diantaranya, Liono Basuki, M Candra SH, Abrianto, Drs H Thalib Yahya MBA, Agus Firmansyah SH, Saiful Iqbal, Kasman, Heksa Heryawan, dan Misran SAg.

Mendengar keluhan warga, beberapa anggota dewan  menyampaikan rencana relokasi itu akan mendapat perhatian khusus dari para anggota dewan. Mereka berjanji akan mengawal relokasi jika benar-benar akan dilakukan. Namun sampai berita ini ditulis, belum ada kejelasan informasi dari PTBA.

TEKS : HENDRO ALDO IRAWAN – REPORTER RGBA FM

EDITOR : IMRON SUPRIYADI

 




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *