Warga Danau Alay Tuntut Ganti Rugi, Wako Sarankan Pengadilan

PAGARALAM, KS

Hampir mencapai 3 tahun lamanya, aliran air Sungai Biung yang biasa mengaliri areal persawahan milik warga  Dusun Mingkik Danau Alay, Kelurahan Atung Bungsu, Kecamatan Dempo Selatan, mengalami kekeringan hingga puluhan hektar  sawah mereka tidak bisa digarap akibat terkena limbah pembangunan Lapangan Terbang (Lapter) Atung Bungsu yang masuk kedalam saluran irigasi. Terkait hal itu, ratusan petani dimaksud menggelar aksi demo di kantor Sekretariat Daerah Kota Pagaralam guna menuntut ganti rugi hasil panen selama 3 tahun.

“Limbah pembangunan Lapangan Terbang (Lapter) Atung Bungsu yang masuk di saluran irigasi, membuat membuat aliran air Sungai Biung, yang biasa mengaliri sawah yang ada, sejak 3 tahun terakhir menjadi kering dan puluhan hektare areal persawahan tidak bisa digarap. Kami menuntut agar pihak terkait dapat memberikan ganti rugi,” Selvis, Koordinator aksi, kemarin.

Ia mengatakan, keberadaan limbah pembangunan akses bandara Atung Bungsu, sejak 3 tahun terakhir telah menjadian debit air Sungai Biung kering dan puluhan hektar sawah tidak bisa digarap. “Kami tidak rela bila tanah nenek moyang kami dirusak dengan semena-mena,” ujarnya.

Pembangunan akses Bandara Atung Bungsu lanjutnya, melintasi Dusun Mingkik, sehingga kondisi jalan yang ada kian rusak dan dipenuhi limbah lumpur. “Kami minya agar jalan di Dusun Mingkik segera dibangun dan diperbaiki kembali,” jelasnya seraya menegaskan bila tuntutan kami ini tidak diindahkan, maka kami akan menutup akses masuk dan  mengambil alih tanah milik kami ini.

Sementara itu Walikota Pagaralam, Hj Ida Fitriati Basjuni, didampingi Asisten II, H Yapani Rahim SIP MM mengatakan, pihaknya tengah berusaha mengajak masyarakat Dusun Mingkik untuk musyawarah mengenai masalah ini bersama Walikota dan Ketua DPRD Kota Pagaralam.

Pantauan di lapangan, suasana perundingan tampaknya tak menemui kata sepakat, mengingat pihak Pemkot Pagaralam dalam hal ini Walikota Ida Fitriati Basjuni justru menyarankan warga Dusun Mingkik Danau Alay, Kelurahan Atung Bungsu, Kecamatan Dempo Selatan untuk mengajukan gugatan ke pengadilan agar permasalahan ini dapat diselesaikan secara hukum yang berlaku.

TEKS : ANTON STEFEN

EDITOR : IMRON SUPRIYADI




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *