Akibat Asap, 21 Warga Empat Lawang Menderita ISPA

EMPAT LAWANG, KS

Akibat kabut asap yang menimpa wilayah Sumatera Selatan banyak warga yang terserang penyakit Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA). Di wilayah Kabupaten Empat Lawang sendiri meskipun kabut asap belum begitu pekat namun sudah banyak warga yang terserang penyakit ISPA.

Kepala Dinas Kesehatan, M Taufik melalui Kabid Pengendalian Masalah Kesehatan, Junaidi dan staffnya, Libriana menjelaskan, hingga Agustus tercatat ada 21 orang yang menderita penyakit ISPA. Jumlah tersebut dihimpun dari seluruh puskesmas di Empat Lawang termasuk di rumah sakit.

“Paling banyak di Kecamatan Tebing Tinggi. Tapi kemungkinan juga ada warga di kecamatan lain langsung berobat di Tebing Tinggi sehingga terdata pasien Tebing Tinggi,” ujar Libriana, kemarin.

Dijelaskannya 21 orang tersebut sudah positif terserang penyakit ISPA dan sudah berobat, rawat jalan dan ada pula yang rawat inap. Tapi kebanyakan dari mereka hanya rawat jalan. Jumlah tersebut tidak menutup kemungkinan akan bertambah, sebab cuaca masih kemarau dan kabut asap semakin terasa.

“Kalau peningkatan pasti akan terjadi, karena asap semakin pekat. Diharapkan masyarakat lebih menjaga kesehatan sehingga tidak mudah terserang ISPA. Seperti banyak minum air, memakai masker,” katanya.

Gejala-gelaja penyakit ISPA datang yakni nafas terasa sesak dan disertai batuk. ISPA ini adalah infeksi di saluran pernapasan dari udara yang buruk, salah satunya karena kabut asap. Oleh sebab itu jika nafas mulai terasa sesak dan disertai batuk diimbau untuk cepat periksa kesehatan.

TEKS : SAUKANI

EDITOR : IMRON SUPRIYADI




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *