Tegangan Listrik Menurun, Fungsikan Gardu Sisipan

PAGARALAM, KS – Kondisi  tegangan listrik dibeberapa wilayah yang ada di Kota  Pagaralam kerap menurun atau drop, akibat tingginya pemakaian arus listrik. Sebagai langkah alternatif, pihak PLN Rayon Pagaralam senantiasa memasang gardu sisipan supaya tegangan menjadi normal kembali. Hal itu dikemukakan Manager PLN Rayon Pagaralam, Iliyas, kemarin (31/8).

Menurutnya, saat ini pihaknya tengah berupaya memetakan beberapa titik yang tegangan listriknya mengalami penurunan. “Bila tegangan listrik rendah, daya sinar bola lampu biasanya tak begitu terang benderang,” katanya.

   Ia mengatakan, adapun tegangan listrik terhadap sejumlah kawasan yang mengalami drop, terutama pada kawasan padat penduduk. “Ada 9 lokasi yang akan kita pasang gardu sisipan, yakni kawasan  sekitar pasar Pagaralam dan Tinggi Hari, Kelurahan Tumbak Ulas, Kecamatan Pagaralam Selatan,” terangnya seraya berujar untuk pemasangan akan dilakukan secara bertahap dan terutama di wilayah Tinggi Ari sebentar lagi akan rampung pemasagan gardu sisipannya.

   Kendati demikian lanjutnya, fungsi adanya gardu sisipan yakni sebagai pembagi beban listrik. Sedangkan selama ini hanya berpusat pada satu titik saja. Sementara dengan adanya gardu sisipan, nantinya dapat dialihkan ke tempat lain dan arus  listriknya segera normal kembali.

   “Semoga pelaksanaan kegiatan ini dapat berjalan sesuai rencana berikut tanpa mengalami suatu kendala yang berarti,” harapnya.

Teks: Antoni Stefen

Editor: Imron Supriyadi

Foto: Dok.KS

 

 




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *