Duh, Ratusan Akta Kelahiran di Empat Lawang Salah Cetak

EMPAT LAWANG, KS – Ratusan akta kelahiran diterbitkan dinas kependudukan dan pencatanan sipil (Disdukcapil) Empat Lawang salah cetak. Pemborosan blangko akte kelahiran ini terjadi, akibat banyaknya warga membuat akte kelahiran dengan sistem titipan.

Kepala Disdukcapil Empat Lawang, Edison Jaya mengakui, kesalahan cetak akte kelahiran sudah berlangsung beberapa bulan terakhir. Bahkan saat ini berkas akte salah sudah menumpuk di mejanya untuk di cetak ulang.

Selain pemborosan, kata Edison, kesalahan fatal bisa terjadi jika tidak segera diperbaiki. Sebab, akte kelahiran sangat penting, misalnya untuk masuk sekolah dan mencari pekerjaan.

“Inilah salahnya, buat administrasi kependudukan seperti akte kok nitip. Akibatnya salah data, petugas juga seharusnya memperhatikan itu,” sesal Edison, kemarin. (31/8).

Ia mengimbau, kalau masyarakat mau mengurus akte, KTP, KK dan lainnya, seharusnya datang sendiri ke Disdukcapil atau melalui kecamatan, agar data di input bisa sesuai dan tidak ada kesalahan lagi. Selain itu, setelah dicetak akte kelahiran itu jangan dicoret, seharusnya ketika sehari jadi akte kelahiran dicek langsung apakah ada yang salah atau tidak sehingga bisa langsung diperbaiki. Terkadang satu tahun sudah buat baru minta perbaiki.

Ditanya berapa banyak akte kelahiran salah ? Edison menyebut sudah lebih dari ratusan, tak terhitung lagi. “Malah masih ada akte salah diterbitkan 2009 lalu, ini kan pemborosan blangko. Nanti menyusahkan warga lain ingin membuat akte kelahiran,” cetusnya.

Akte kelahiran dengan data di ijazah harus sikron, sehingga apabila tidak singkron jelas salah. Untuk itulah ia menghimbau bagi orang tua yang hendak membuat akte kelahiran harus datang langsung ke Disdukcapil jangan melalui perantara atau di titip dengan orang. 

Teks: Saukani

Editor: Imron Supriyadi

Foto: Net

 

 

 

 




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *