Empat Lawang Dijanjikan Polres Termegah di Indonesia

EMPAT LAWANG, KS – Penyelesaian masalah keamanan di wilayah hukum kabupaten Empat Lawang, menjadi salah satu prioritas Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) H Alex Noerdin.

Betapa tidak, sebagai putra asli Empat Lawang, Gubernur menjanjikan pembangunan markas polisi resort (Mapolres) termegah di Indonesia yang akan dibangun mulai 2015 ini. Namun kriteria termegah dimaksud, selain Mapolres di DKI Jakarta. “Tahun ini tahap pengerjaan awal, pemprov siapkan Rp 5 Miliar bantuan dana awalnya dikucurkan,” ungkap Alex pada acara halalbihalal dan kunjungan kerja di Tebing Tinggi, baru-baru ini.

Alex menyebut, jika nanti gedung Mapolres Empat Lawang sudah bagus, tentu akan menjadi motifasi bagi pihak kepolisian dalam penegakan hukum di tanah kelahirannya. Namun imbuhnya, tidak hanya tugas pihak kepolisian saja, masalah keamanan dan menekan angka kriminalitas juga tanggungjawab semua pihak, pemerintah dan masyarakat harus hadir.

“Nanti kan malu, kalau masih belum aman Empat Lawang. Mapolresnya sudah bagus, kinerjanya juga harus maksimal,” jelasnya.

Selain itu, Alex memastikan, segera menemui Pangdam II Sriwijaya dan Kapolda Sumsel, guna membahas solusi masalah keamanan di Kabupaten Empat Lawang. Sebab, sejauh ini tingginya tingkat kriminalitas, masalah narkoba dan judi masih jadi pokok, bagaimana mau maju kalau belum diselesaikan. “Pemerintah mulai dari pemkab sampai kades, harus bersinergi dengan kepolisian dan instansi terkait lainnya, menyelesaikan masalah keamanan di Empat Lawng ini,” imbuh Alex.

Sementara itu, wakil bupati Empat Lawang, H Syahril Hanafiah tak menampik, masalah keamanan menjadi sorotan Gubernur Sumsel, H Alex Noerdin. Makanya, kata Syahril, ia akan segera berkoordinasi dengan instansi terkait, kepolisian, TNI, Sat Pol PP dan para camat, kades, lurah dan tokoh masyarakat, membahas solusi masalah keamanan saat ini.

Tak hanya itu kata Syahril, secara pribadi dirinya akan turun langsung ke lapangan, melakukan peninjauan siang dan malam ke desa-desa guna menyerap keluhan masyarakat terutama masalah keamanan. “Nanti kami akan turun ke desa-desa, katakanlah ronda malam hari dan kunjungan kerja,” jelasnya.

Pembangunan Mapolres ? Syahril memastikan, pemkab Empat Lawang mendukung program pembangunan Gedung Mapolres, sesuai harapan Gubernur menjadi Polres termegah di Indonesia. “Lahan sudah ada, jika memang ada bantuan dari provinsi kita siap proses pekerjaan awalnya. Nanti akan berkoordinasi dengan pihak provinsi,” tukasnya. 

Teks: Saukani

Editor: Imron Supriyadi

 

 




Leave a Reply

Your e-mail address will not be published. Required fields are marked *

Web development by oktopweb.com