Agustus, CJH Empat Lawang Berangkat

EMPAT LAWANG, KS – Sedikitnya 31 calon jamaah haji (CJH) asal  Empat Lawang akan berangkat pada Agustus 2015 ini. Sejauh ini, persiapan keberangkatan para jamaah sudah tahap pengurusan adminitrasi di kantor Kementrian Agama Empat Lawang.

Kepala Kantor Kementrian Agama (Kakanmenag) Empat Lawang, H A Zainuri melalui Kasi Haji dan Umroh Anas Jauhari mengatakan, saat ini dirinya tengah sibuk mengurus jamaah haji melakukan kelengkapan berkas. “Kita mulai melakukan pembagian koper kepada para jamaah, sebelum melakukan pengambilan koper jamaah diperiksa kesehatan di puskesmas,” ungkapnya, kemarin (30/7).

Keberangkatan kata Anas, sebanyak 31 jamaah haji dan 1 petugas haji daerah, jadi total keseluruhan 32 termasuk petugas haji. Diceritakan Anas, awalnya jamaah haji untuk Kabupaten Empat Lawang hanya 11 orang, namun ada tambahan calon Haji usia lanjut. Nah dari itulah jamaah haji untuk Empat Lawang bertambah.

“Mulanya hanya 11 orang, tapi ada tambahan calon haji usia lanjut kemudian bertambah, Untuk usia lanjut 20 orang, jadi jumlahnya 31 jamaah ditambah dengan 1 petugas haji daerah, total 32 yang berangkat,” bebernya.

Sebelum melakukan pengambilan koper ini para jamaah menjalani pemeriksaan kesehatan di Puskesmas dan di vaksin mangingitis, kemudian setelah melakukan pengambilan koper para jamaah kembali diperiksa kesehatan di Puskesmas yang telah disiapkan oleh Dinas Kesehatan.

“Nanti akan ada jadwal pemeriksaan kesehatan kembali untuk para jamaah haji, untuk saat ini sudah 85 persen sudah mengumpulkan paspor untuk jamaah usia lanjut,” ujarnya.

Kapan berangkat jamaah Haji ? Jawab Anas, untuk kepastian berangkat khususnya Kabupaten Empat Lawang pihaknya belum bisa pastikan kapan berangkat sebab belum ada jadwal keberangkatan. “Untuk kabupaten/ kota kita belum tahu kita menunggu intruksi Kanwil,” ucapnya.

Hanya saja tambahnya, untuk Sumatera Selatan (Sumsel) kepastiannya pada 27 Agustus masuk asrama haji, pada 28 Agustus langsung berangkat dari Palembang langsung terbang ke Madinah dengan pesawat dari Arab Saudi.

“Namun secara nasional, 20 agustus kloter pertama penerbangan langsung dari palembang ke Madinah al Mukaromah,”tukasnya.

Teks : Saukani

Editor : Imron Supriyadi

 

 




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *