Waspada, Minuman Kemasan Tak Higienis Beredar

EMPAT LAWANG, KS – Warga Kabupaten Empat Lawang harus mewaspadai, kehigienisan air mineral kemasan beredar. Hal ini menyusul, temuan Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Lubuk Linggau beberapa waktu lalu,

Disisi lain hubungan perdagangan antara Empat Lawang sangatlah kuat dengan pedagang asal Kota Lubuk Linggau. bukanlah hal mustahil jika temuan yang didapatkan oleh Disperindag Kota Lubuk Linggau juga ditemukan di Empat Lawang.

“Kita patut curiga beredar air mineral kemasan tidak higienis, sebab hubungan perdagangan Kabupaten Empat Lawang dengan Kota Lubuk Linggau yang kita tau sangat erat,” ungkap Udin (40) warga Kecamatan Tebing Tinggi, kemarin (29/7).

Di pasar-pasar yang ada di Kabupaten Empat Lawang banyak produk-produk asal Kota Lubuk Linggau, termasuk air mineral kemasan asal Kota Lubuk Linggau. “Kita harap Disperindag dapat memantau produk air kemasan asal Kota Lubuk Linggau agar tidak ada lagi kekhawatiran di kalangan masyarakat. Jika memang tidak higienis masyarakat kan bisa disarankan untuk tidak beli produk tersebut,” imbuhnya.

Senada dengan itu, Usman warga Empat Lawang lainnya, meminta Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Empat Lawang harus peka terhadap isu-isu yang beredar di Kabupaten/Kota tetangga. Sebab dari segala segi kehidupan masyarakat Kabupaten Empat Lawang tidak dapat terpisahkan dengan kabupaten/kota tetangganya.

“Seperti temuan Disperindag Kota Lubuk Linggau ini, ya seharusnya cepat respon dan menyidak juga sebab di pasaran Empat Lawang ini dari kerupuk hingga barang elektronik banyak didatangkan. Kalau di Kecamatan Pendopo itu banyak dari Pagaralam atau kepahyang. Kalau mereka ada masalah ya kita harus respon dengan cepat,”jelasnya.

Sementara itu, Kepala Disperindag Empat Lawang, Peterson Okky Bial ketika dikonfirmasi menegaskan, jika pihaknya sudah melakukan sidak ke pasar-pasar yang ada di Empat Lawang. Dari hasil sidak beberapa waktu lalu pihaknya tidak menemukan barang-barang sudah kadaluarsa, namun demikian pihaknya tetap menghimbau agar masyarakat di bumi Saling Keruani Sangi Kerawati agar tetap waspada terhadap produk kadaluarsa.

“Termasuk air minum kemasan, sejauh ini kita tidak menemukan adanya kejanggalan-kejanggalan produk yang dijual di empat lawang,” kata Okky Bial.

Sejauh ini pihaknya terus mengawasi peredaran-peredaran produk asal manapun di wilayah Kabupaten Empat Lawang. Namun demikian diakuinya sangatlah tidak mungkin jika pihaknya melarang setiap pedagang untuk tidak memasok barang-barang tetentu ke Kabupaten Empat Lawang, karenanya masyarakat harus lebih cerdas membeli suatu produk.

“Mereka (pedagang, red) memasok barang-barang tentunya secara grosir, hal ini tentu sangat tidak mungkin terawasi semua oleh pihak kita, konsumen agar cerdas memilih produk,” tukasnya.

Teks : Saukani

Editor : Imron Supriyadi

Foto Ilustrasi : Google Image

 

 




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *