Belum Ada Ijazah, Kami Urung Tes Polri-TNI

EMPAT LAWANG, KS – Sejumlah lulusan SMA/SMK di Kabupaten Empat Lawang kecewa. Pasalnya, para generasi muda ini terpaksa mengurungkan niat mengikuti seleksi calon anggota TNI dan Polri 2015, lantaran belum mendapatkan ijazah.

Informasi dihimpun Kabar Sumatera menyebutkan, sejak kelulusan siswa bulan Mei lalu, para alumni SMA/SMK hanya mendapatkan surat keterangan kelulusan dan daftar nilai hasil ujian. Akibat kondisi ini, tidak sedikit mereka (para alumni tadi) terpaksa menunda niat mereka ikut tes kepolisian dan TNI, karena salah satu persyaratan penting adalah ijazah. Namun, untuk para alumni melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi, bekal surat kelulusan dikeluarkan sekolah dan daftar nilai hasil ujian saja sudah cukup.

“Ijazah belum ado, jadi kami urung nak melamar polisi di Provinsi Bengkulu. Syaratnyo harus ijazah,” kata sumber koran ini, menolak disebutkan namanya, kemarin.

Ia berharap, agar ijazah segera dibagikan. Selain ingin ikut tes Polri dan TNI, tidak sedikit juga kawan-kawan se tingkatnya ingin melamar pekerjaan dan merantau. Tentunya ijazah adalah bekal untuk melamar pekerjaan. “Sudah hampir tiga bulan ini kami nganggur pak, nak kuliah tak ada biaya,”sesalnya.

Mendapati informasi ini, wakil bupati Empat Lawang H Syahril Hanafiah berjanji, segera memanggil Dinas Pendidikan (Disdik), untuk memperjelas apa permasalahannya. “Nanti kita panggil disdik, kok belum dapat ijazah,” kata Syahril.

Secara terpisah, Kepala Disdik Empat Lawang, Agusni Efendi ketika dikonfirmasi, tak menampik permasalahan tersebut sudah berulang kali terjadi. Keterlambatan Ijazah, kata Agusni, itu bukan kewenangan Disdik Empat Lawang. Karena ini terjadi se Provinsi Sumatera Selatan. “Memang belum dikirim ijazahnya, nanti kami akan koordinasi ke provinsi,” katanya.

Untuk tes CPNS, Polri dan TNI, kata Agusni, memang tidak mau tahu, harus melampirkan ijazah sebagai persyaratan. Namun, dengan kondisi keterlambatan seperti ini, diharapkan juga ada toleransi. Surat keterangan kelulusan dan transkrip nilai dari sekolah kan resmi dan bisa digunakan, untuk melanjutkan ke perguruan tinggi juga bisa. “Saya kira kalau dijelaskan saat mendaftar bisa, kan bukan cuma di Empat Lawang, se Sumsel ini juga belum,” jelas Agusni, memprediksi Agustus ini ijazah sudah dikirim ke Kabupaten/kota.

Teks : Saukani

Editor : Imron Supriyadi

 

 




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *