Pembentukan Relawan Pemadam Kebakaran Terbentur Dana

EMPAT LAWANG, KS – Wilayah Kabupaten Empat Lawang terkenal dengan kondisi geografisnya yang berbukit-bukit, dan memiliki desa-desa yang memiliki jarak antar desa cukup jauh adalah sangat tidak mungkin jika armada pemadam kebakaran dapat cepat ke lokasi kebakaran baik itu kebakaran pemukiman maupun lahan untuk segera dilakukan penanganan. Apalagi dengan kondisi armada pemadam kebakaran yang sangat terbatas seperti sekarang ini.

Untuk mengantisipasi itu semua dan memastikan penanganan yang cepat terhadap bahaya kebakaran tersebut, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Empat Lawang, mengaku sudah mengkonsepkan pembentukan Relawan Pemadam Kebakaran yang ditempatkan di setiap desa dalam wilayah Kabupaten Empat Lawang.

“Kita sudah mengkonsepkan pembentukan Relawan Pemadam Kebakaran yang kita tempatkan di setiap desa dalam wilayah Kabupaten ini, setidaknya dua orang dalam setiap desa yang sudah terlatih untuk menangani dengan cepat setiap ada bahaya kebakaran,” ungkap Kepala BPBD Kabupaten Empat Lawang, Khairullah, kemarin.

Relawan pemadam kebakaran ini menurut Khairullah akan dilatih terlebih dahulu sampai kondisi personil tersebut benar-benar dapat diandalkan untuk mengendalikan kebakaran sebelum ditugaskan di setiap desa-desa. “Sebelum armada kebakaran tiba, diharapkan relawan tersebut sudah dapat mengendalikan api, terutama di wilayah-wilayah yang sangat sulit dijangkau oleh armada kebakaran sehingga kerugian dari bencana kebakaran itu dapat diminimalisir,” imbuhnya.

Pembentukan relawan itu sendiri lanjut Khairullah akan direalisasikan pada tahun 2016 sebab untuk mewujudkan itu semua pada saat ini BPBD Kabupaten Empat Lawang masih terbentur akan dana. “Lagi-lagi masalah dana, untuk pembentukan Relawan pemadam kebakaran tahun ini kita belum siap, Insyaallah tahum depan akan kita realisasikan,” tukasnya.

Teks : Saukani

Editor : Imron Supriyadi

 

 




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *