Duh, Puluhan HP Didalam Sel Rutan Tebing Tinggi

EMPAT LAWANG, KS – Puluhan hand phone (HP) ditemukan di dalam sel rumah tahanan (Rutan) Tebing Tinggi, Empat Lawang. Ini terungkap dalam razia dilakukan Polres Empat Lawang, Kamis (23/7) sekitar pukul 20.00 WIB.

Informasi dihimpun Kabar Sumatera menyebutkan, setelah menggeledah sekitar 15 ruangan sel tahanan di rutan Tebing Tinggi, polisi mengamankan 21 HP berbagai merek, Black Barry (BB), 15 Charger dan satu Power Bank (penyimpan listrik). Belum diketahui apa motif kepemilikan HP para narapidana dan tahanan tersebut, namun diduga kepemilikan alat komunikasi itu sudah berlangsung cukup lama. Bahkan ada dugaan lainnya, transaksi pinjam (rental, red) HP oleh oknum didalam rutan Tebing Tinggi.

Kapolres Empat Lawang AKBP Rantau Isnur Eka melalui Kasat Narkoba AKP Darmawan mengakui, giat razia di Rutan Tebing Tinggi dilakukan atas informasi masyarakat, terkait peredaran narkoba dikalangan penghuni rutan. Selain itu kata Darmawan, memang pihaknya ada kesepakatan (MoU) dengan rutan untuk pemberantasan narkoba. “Razia gabungan, ada reskrim, intel, shabara dan kita Sat Narkoba,” jelasnya.

Namun, dalam razia tidak ditemukan narkoba, sajam dan alat hisap. Hanya ditemukan sekitar 21 buah HP, 15 charger dan satu power bank. Pemeriksaan secara marathon sekitar 15 ruang sel dan lingkungan rutan dilakukan dua jam dari jam 20.00 WIB-22.00 WIB. “Sepertinya para napi dan tahanan sudah pintar, HP disimpan dibawah tempat tidur, celah fentilasi dan selokan. Tak ada yang mengaku saat kita periksa, tapi bisa kita sita ada puluhan HP,” bebernya.

Barang bukti imbuhnya, sudah diamankan dan akan dimusnahkan. Sebab, sesuai aturan tidak dibenarkan napi dan tahanan membawa atau memiliki HP didalam sel. Polres sudah berkoordinasi dengan pihak rutan Tebing Tinggi, agar memaksimalkan pengawasan. “Aturannya didalam Rutan itu Napi tidak boleh membawa Handphone karena para Napi diberikan pembinaan selama menjalani hukuman,”imbuhnya.

Hingga berita ini diturunkan, belum ada konfirmasi dari pihak rutan Tebing Tinggi terkait banyaknya peredaran HP didalam ruang sel.

Teks : Sakani

Editor : Imron Supriyadi

 

 




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *