Masih Ada PNS Bolos, Dewan Minta Beri Sangsi Tegas

PALEMBANG, KS – Hari pertama masuk kerja, pasca libur Lebaran Idul Fitri 1436 H, Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang ada dilingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang, masih ada yang bolos. Adanya hal itu, Pemkot Palembang diminta tegas dalam memberikan sangsi bagi PNS yang mangkir kerja tanpa alasan jelas.

Wakil Ketua DPRD Palembang, Mulyadi mengatakan, sudah menjadi kewajiban Pemkot Palembang dalam hal ini, Inspektorat Palembang untuk memberikan sangsi bagi PNS yang nakal.

“Libur nasional dalam rangka Hari Raya Idul Fitri 1436 H yang diberikan bagi abdi negara sudah cukup lama. Mulai tanggal 16 dan 17 atau hari Kamis dan Jum’at, kemudian ditambah lagi cuti bersama setelah Hari Raya yakni dari tanggal 20 dan 21. Belum lagi dipotong libur Sabtu dan Minggu, jadi total libur PNS lebih kurang selama 7 hari,”katanya, Rabu (22/7).

Menurut Mulyadi, tidak ada alasan lagi abdi negara yang tidak masuk kerja. Apalagi, tanpa keterangan jelas. Inspektorat atau Badan Kepegawaian Daerah (BKD) harus menindaknua sesuai aturan yang berlaku sesuai aturan Undang-undang (UU).

“Abdi negara itu tugasnya melayani masyarakat. Harus memberikan contoh yang baik bagi masyarakat,”ujarnya.

Politisi partai berlambang mercy ini berharap, para PNS bisa lebih mengutamakan pelayanan terhadap masyarakat usai cuti Lebaran ini, agar pelayanan kepada masyarakat bisa lebih optimal. Sehingga tidak terbengkalai.

“Ya kami harap kedisiplinan dan loyalitas PNS bis lebih ditingkatkan lagi, bukan menurun pasca Lebaran ini,”pintanya.

Berdasarkan pantuan di kantor Sekretariat Daerah (Setda) Palembang, Rabu (22/7), sejumlah ruang kerja PNS masih terlihat sepi. Karena mereka (PNS) masih melakukan hal-bihalal dengan kalangan PNS atau pimpinan masing-masing Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) maupun Kabag.

“Kalau pagi PNS banyak. Setelah pukul 10.00 WIB banyak yang keluar. Hal-bihalal, kemungkinan baru aktif secara full Jum’at,”ungkap salah seorang PNS di lingkungan Setda Palembang yang enggan disebutkan namanya.

Teks: Trie Saputra
Editor: Imron Supriyadi




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *